Close

Jepang Lirik Potensi PLTM di Agam

3
Pemkab Agam melakukan kerjasama dengan PT Afcotama Firstimdo (Jepang) untuk meningkatakan pelayanan penyediaan air bersih PDAM dan pembangunan PLTM.

AGAM, METRO–Dalam upaya peningkatakan pelayanan penyediaan air bersih PDAM dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Pemkab Agam, melakukan kerjasama dengan PT. Afcotama Firstimdo Jepang.

Penandatanganan MoU dilakukan Bupati Agam yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Mulyadi dengan Direktur Utama PT. Afcotama Firstimdo Aris Firman bersama pendiri, pemilik PT. Afcotama Firstimdo Yuji Samaru.
Dalam kesempatan itu, Mulyadi mengatakan pembangunan di Kabupaten Agam harus diakui membutuhkan kerjasama dengan investor. Sebab, tidak munkin semua pembangunan terakomodir oleh anggaran belanja daerah.

”Masuknya investor di Agam membantu untuk mengoptimalkan dan menggali potensi alam. Siapapun yang bakal membangun nantinya tentu akan dinikmati oleh masyarakat. Peningkatan pelayanan penyediaan air bersir ini memberikan dampak bagi Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” ujarnya.

Dia meminta agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa mengoptimalkan kerjasama tersebut sehingga apa yang ingin dicapai bisa secepatnya berjalan dengan baik yang pada intinya akan bermuara kepada masyarakat.

Dirut PT. Afcotama Firstimdo Aris Firman mengatakan, Agam layak sebagai salah satu tempat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro. Agam memiliki sumber air yang sangat luar biasa, hal itu juga ditambah dengan jumlah penduduk yang tidak sedikit.

”Sebelum melakukan kerjasama, kita sudah melakukan penelitian selama satu tahun guna melihat potensi sumber air yang bisa dikembangkan. Selain itu kami juga melihat  jumlah penduduknya yang cukup banyak,” ujarnya. (i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top