Close

Jepang dan Arab Saudi, Kejutan Dua Wakil Asia di Piala Dunia 2022

RAYAKAN GOL--Gelandang Jepang Ritsu Doan merayakan gol pertama pada Grup F Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Rabu (23/11).

Kemenangan bersejarah Arab Saudi atas kandidat kuat juara Piala Dunia 2022, Argentina, di Lusail Iconic Stadium, Lusail (22/11), benar-benar menginspirasi negara Asia lainnya. Tadi malam Jepang meneruskan spirit Asia itu di Khalifa International Stadium, Al Ray­yan.

Jepang unggul atas raksasa sepak bola Eropa sekaligus mantan juara dunia, Jerman, dengan skor 2-1.

Bak deja vu, prosesnya mirip seperti kemenangan Arab Saudi. Jepang come back setelah tertinggal lewat penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Dua gol balasan Jepang dicetak Ritsu Doan (menit ke-75) dan Takuma Asano (menit ke-83).

“Kami memang mewakili Je­pang. Tetapi, pada saat yang sama, kami juga mewakili Asia. Ini juga kemenangan bagi Asia,” ujar bek senior timnas Jepang Maya Yoshida seperti dikutip dari laman ESPN.

Yoshida mengakui, sebelumnya, dirinya bersama rekan-rekan di skuad Samurai Blue –julukan timnas Jepang– juga menonton semua laga tim Asia di Piala Dunia. Mulai Qatar, Iran, hingga Arab Saudi. “Di sini kami juga butuh dukungan semua orang Asia,” sambungnya.

Jepang mengikuti jejak Korsel sebagai sesama negara dari Asia Timur yang mengalahkan Jerman di fase grup Piala Dunia. Korsel mempecundangi Die Mannschaft –julukan timnas Jerman– di matchday terakhir fase grup Piala Dunia 2018. Saat itu Jerman gagal lolos dari fase grup. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top