Close

Jemput Bola ke Kementerian Perhubungan, Bupati Berharap Bantuan Dermaga Danau Singkarak

BANTUAN KEMENHUB— Bupati Tanahdatar Eka Putra saat berada di Kementerian Perhubungan untuk minta bantuan pembangunan Dermaga Singkarak.

TANAHDATAR, METRO–Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana dan Sekretaris Dinas Perhubungan Yessy Akmaliza disambut Direktur Trans­portasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kemen­terian Perhubungan Republik Indonesia, Junaidi, baru baru ini, di Jakarta.

Bupati Eka Putra menyampaikan, kedatangannya merupakan salah satu upaya jemput bola untuk memperoleh dana dan anggaran pembangunan di Tanah Datar, khususnya untuk dermaga. “Saat ini dermaga di Danau Sing­karak yang terletak di Ombilin sudah rusak dan tidak layak digunakan, karenanya tentu di kesempatan ini kita berharap bantuan Pemerintah Pusat, agar dermaga bisa dimanfaatkan lagi,” ujar Eka.

Disebutkan Eka, dengan di­bangun dan mengaktifkan kem­bali dermaga itu, akan bisa dimanfaatkan masyarakat dalam aktivitas keseharian dan juga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung. “Dermaga yang pernah di bangun tahun 2012 lalu oleh Kementerian Perhubungan RI bisa dibangun kembali baik melanjutkan dermaga lama ataupun membangun baru,” harap Eka.

Sementara itu Direktur TSDP Junaidi mengungkapkan, pembangunan dermaga di danau Singkarak untuk Kabupaten Tanah Datar belum masuk ke dalam Rencana Induk Pembelanjaan Negara (RIPN).  “Untuk bisa masuk RIPN, ada beberapa persyaratan harus dipenuhi terbagi dalam 2 kelompok tahapan, yakni tahap pra desain dan tahap desain. Seperti studi kelayakan, ketersediaan lahan, sampai ijin lingkungan AMDAL,” terangnya.  Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Tanah Datar Yessy Akmaliza dihubungi Jum’at (29/10/2021) menyampaikan, sesuai hasil pertemuan Bupati Tanah Datar bersama Direktur TSDP akan segera ditindaklanjuti. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top