Close

Jembatan Tapian Kelambu Dibangun lagi, Penghubung Jorong Baringin Sakti Menuju Gunuang Saribu

PEMBANGUNAN JEMBATAN— Bupati Tanahdatar Eka Putra melakukan koordinasi dengan pengembang dalam menata pembangunan jembatan Tapian Kelambu .

TANAHDATAR, METRO–Masyarakat Jorong Baringin Sakti Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo sa­ngat bersyukur sekali, ham­­pir tujuh tahun me­nunggu kini jembatan peng­hubung antara Jorong Baringin Sakti Nagari Taluak menuju Jorong Gunuang Saribu Nagari Tigo Jang­ko kembali dibangun Peme­rintah Daerah Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM saat meninjau langsung proses pembangunan kembali jembatan sepanjang 68 meter bentang dengan lebar 2,4 meter itu mengakatakan jika jembatan tersebut sa­ngat dibutuhkan masya­rakat, sangat vital dan su­dah lama diidam-idamkan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah saat ini sudah dimulai pemba­ngu­nan kembali jembatan Ta­pian Kelambu yang hanyut akibat tingginya arus Batang Sinamar pada tahun 2016 silam, lama masya­rakat menantikan, saat ini penantian itu berbuah de­ngan telah dimulainya kem­bali pembangunan tersebut,” ucap Bupati Eka Putra ketika meninjau langsung pembangunan kem­bali jem­batan tersebut yang sudah mulai dikerjakan kontraktor, Sabtu (10/9) di Jorong Baringin Sakti Nagari Taluak. “Jembatan ini dibangun lebih tinggi dari permukaan air saat banjir lebih kurang 160 cm de­ngan kekuatan beban kendaran yang melewati lebih kurang 5 ton atau kapasitas mobil penumpang dan selesai ditargetkan November mendatang,” ucap­nya.

Dikatakan Eka Putra, dengan selesainya jembatan ini akan memper­singkat jalan sejauh 6 KM, sehingga ini juga akan meng­­hemat biaya angkut berbagai hasil perkebunan dari nagari yang dilalui jembatan yang membentang di atas Batang Sinamar tersebut.  “Struktur bangunan berbeda da­ngan yang sebelumnya walau jenisnya sama jembatan gantung namun yang dibangun se­karang bisa dilalui kendaraan roda empat, sementara sebelumnya ha­nya bisa dilalui kendaraan roda dua,” ujar­nya.

Jondra P Chaniago warga Jorong Baringin Sakti ungkapkan rasa syukur dan sampaikan ucapan terima kasih, “Kami atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati Eka Putra yang telah merealisasikan janjinya membangun kem­bali jembatan ini, sehingga akan mempermudah jalur transportasi masyarakat Talago Bujua dan masya­rakat Koto Panjang serta Tanjuang Bonai Aua,” ucap­nya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top