Close

Jelang Ramadhan 1442 Hijriah, Harga Cabai Merah Merangkak Naik

Jelang Ramadhan 1442 Hijriah, Harga Cabai Merah Merangkak Naik

PASARRAYA, METRO
Jelang memasuki bulan Ramadhan, harga cabai merah mulai naik. Rabu (24/3), komoditi pedas ini diperdagangkan dengan harga Rp44 ribu hingga Rp45 ribu per kilogram.

Kenaikan harga lado merah ini diakui sejumlah pedagang di Pasar Raya Padang sejak tiga hari lalu. Sebelumnya harga cabai merah masih berkisar antara Rp35 ribu per kilogram.

“Lado merah alah mulai naik pulo kini. Alah dijua Rp45 ribu sakilo,” sebut Nasrul (50), pedagang cabai di Pasar Raya Padang.

Saat ini, komoditi cabai merah yang masuk di Pasar Raya berasal dari Sungai Penuh, Curup dan Pasaman. Sementara cabai dari Jawa, Medan dan Aceh sudah lama tidak masuk masuk lagi.

Para pedagang mengaku, beberapa pekan jelang Ramadhan, hanya harga cabai merah yang naik. Sementara sembako lain masuk stabil. Untuk bawang merah masih dijual diharga Rp 24 ribu/kilogram. Begitu juga dengan berbagai jenis sayuran lainnya.

Pantauan POSMETRO, untuk komoditi beras lokal kemarin masih di angka Rp19 ribu hingga Rp20 ribu pergantang. Tepung terigu Rp 7 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp 13 ribu per liter, telur Rp 1.600 per butir.

“Harga sembako masih aman. Belum ada kenaikan. Cuma daya beli masih sepi,” kata Uwan (45), pedagang kebutuhan pokok di Pasar Raya Padang.

Ia merasa, belum ada peningkatan daya beli masyarakat. Hal ini diakuinya sangat erat kaitannya dengan pandemi Covid-19. Sehingga aktifitas sekokah, kampus belum bisa dilakukan. “Urang tak sikola. Kalau pun sikola hanyo sabanta-sabanta. Itupun dilarang anak balanjo dilua,” tandas Uwan. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top