Menu

Jelang Porprov, KONI Solsel Siapkan Atlet

  Dibaca : 642 kali
Jelang Porprov, KONI Solsel Siapkan Atlet
EKSPPOS—Ketua KONI Solsel, Rengga Husada didampingi Waketum II, Eko Irawan dan Waketum III, Saylendra Fitrianus saat ekspos di kantor KONI Solsel.

SOLSEL, METRO
Untuk menunu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2020, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) saat ini sedang fokus menyiapkan atlet daerah itu untuk ajang Porprov XVI. Sebanyak 32 Cabor atlet yang tengah dibina untuk diikutsertakan berlaga di kejuaraan tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di 13 kabupaten dan kota di Sumbar tersebut.

“Pada Porprov tahun ini, sedang disiapkan 32 dari 40 cabor binaan Koni Solsel. Kami sudah mulai melakukan penjaringan para atlet. Mulai dari tes fisik hingga selanjutnya diseleksi untuk dimasukkan pada program “Solok Selatan Emas” untuk dilatih lebih khusus,”ujar Ketua KONI Solsel, Rengga Husada didampingi Waketum II, Eko Irawan dan Waketum III, Saylendra Fitrianus, Selasa (3/3) saat ekspos di Kantor KONI Solsel.

Koni Solsel, lanjutnya, berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik bagi daerah itu dalam pentas Porprov XVI. Dirinya memasang target dua peringkat lebih baik dari ajang serupa tahun lalu. “Pada Porprov XV di Padang Pariaman, Solsel ada di peringkat 12 besar. Kami target tahun ini dua peringkat lebih baik yakni masuk 10 besar. Dalam hal ini, kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik,” ujar Rengga.

Untuk menuju itu, imbuhnya, kami telah melakukan monitoring, untuk melihat sejauh mana kesiapan cabang olahraga yang ada di Solsel untuk diikut sertakan pada perhelatan iven Porprov.

Dijelaskan, monitoring ini telah dilaksanakan dengan langsung mendatangi seluruh cabang olahraga. Pada kunjungan itu, tim yang ditugaskan men cek kesiapan cabang itu. Apakah cabang olahraga itu mengadakan latihan, apa saja kendala kendala dilapangan dan bagaimana persiapan atlit di cabang olahraga tersebut. “Kami melakukan verifikasi dan validasi data atlit yang ada di cabang olahraga tersebut. Bagaimana persiapan mereka,” ungkap Rengga.

Tentunya, jelas Rengga, untuk menuju Porprov itu, atlit tidak bisa disiapkan secara instan, tapi butuh latihan dan pembinaan yang panjang.
Apakah cabang olahraga itu memiliki target medali pada saat Porprov. Selain itu, apakah pusat pelatihan atlit ada perencaan dan jadwal yang terskedul. Jangan nanti mereka hanya memberikan laporan saja, tapi tidak ada realisanya. “Monitoring yang dilakukan, kami mendatangi cabang olahraga itu saat ada jadwal latihan, sehingga pada saat kunjungan kami juga bisa memberikan motovasi kepada para atlit,” sebut Rengga.

Menurutnya, dari hasil monitoring ini, kami dari KONI, akan melihat dan menilai cabang olahraga mana saja yang serius untuk membawa atlitnya di perhelatan olahraga dua tahunan tingkat Provinsi ini. “Saat monitoring itu, masing masing cabang olahraga memikiki target medali yang akan dicapai saat porprov, berpedoman pada itu, untuk Porprov 2020 Solsel memiliki target masuk 10 besar,”kata Rengga.

Selain itu, disebutkan Rengga, ada empat atlet terbaik Solsel, bakal mewakili Provinsi Sumbar pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Pentas olahraga terbesar se-Indonesia tahun ini, dijadwalkan pada 20 Oktober hingga 2 November nanti. “Semua atlet kita ini berprestasi dalam masing-masing kejuaraan yang mereka ikuti sebelumnya. Sekarang mereka sedang mempersiapkan diri dan langsung memperoleh pembinaan oleh Koni Sumbar,” sebut Rengga.

Empat atlet Solsel terpilih dalam mewakili Ranah Minang yang diutus ke PON 2020 di Papua itu adalah, Dion Saputra dari cabang olahraga muaytai. Lalu, Rino Efendi untuk cabang senam, Muhammad Ari Desman untuk cabang atletik dan Edwin di cabang angkat berat.

Seluruh atlet itu sebut Rengga, merupakan peraih medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV, pada 2018 lalu. Termasuk mengukir prestasi pada kejuaraan pra PON dan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera tahun 2019.  “Dion ini peraih medali emas pada pra PON. Sedangkan Rino menyabet perunggu di Kejurnas. Prestasi Desman meraih perunggu di Porwil dan Edwin lolos rangking pada angkat berat,” papar Rengga.

Pihaknya berharap, agar empat atlet tersebut meraih prestasi tertinggi di masing-masing cabang yang mereka ikuti di Papua nanti. Sekaligus, memberi support, dukungan doa dan menyiapkan reward untuk mereka. “Tentunya kami berharap, atlet Solsel yang mewakili Sumbar di PON mampu memperoleh hasil terbaik,” kata Rengga. (afr)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional