Menu

Jelang Pilkada, Disdukcapil Sasar Warga Binaan

  Dibaca : 67 kali
Jelang Pilkada, Disdukcapil Sasar Warga Binaan
Salah seorang napi kelas ll b Lubuk Sikaping saat menjalani rekam e-KTP

PASAMAN, METRO
Sejumlah warga binaan (Napi) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman menjalani perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) untuk menyukseskan Pilkada 9 Desember 2020. Pasalnya, sejumlah warga binaan di rutan itu belum mengantongi identitas kependudukan, salah satunya KTP sebagai syarat ikut memilih.

Kegiatan perekaman turut dihadiri oleh Kadis Dukcapil Pasaman Sukardi, Komisioner KPU Taufik dan Kordiv Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Mesrawati.

Komisioner KPU Kabupaten Pasaman, Taufik mengatakan, perekaman e-KTP itu merupakan kerjasama antara Disdukcapil dan KPU setempat. Pendataan kepada warga binaan ini berkaitan hak pilih untuk Pilkada 2020.

“Warga binaan juga memiliki hak pilih dan hak itu harus dipenuhi dengan baik. Dengan adanya rekam cetak e-KTP ini, mereka bisa memberikan hak pilihnya nanti,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman, Sukardi mengatakan, kegiatan itu dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020. Disdukcapil Pasaman bekerjasama dengan KPU.

Ada 7 warga binaan yang menjalani perekaman data pada Jumat (9/10) kemarin. Penggantian e-KTP hilang dan cek data 19 orang, totalnya ada 26 orang warga binaan,” kata Sukardi.

Ia berharap, dengan melakukan perekaman e KTP, sejumlah warga binaan di rutan itu bisa terdaftar sebagai pemilih, sehingga dapat memberikan hak pilihnya dalam Pilkada serentak nanti.

“Dengan demikian, mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan pada 9 Desember 2020 nanti,” tutup Sukardi. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional