Close

Jelang Pemilu 2024, Kepala BNPT Dorong Semangat Persatuan untuk Mencegah Polarisasi

kepala BNPT Boy Rafli Amar

JAKARTA, METRO–Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengingatkan pentingnya semangat persatuan dan gotong royong dalam berdemokrasi. Dia menekankan hal tersebut tertuang dalam ideologi bangsa yakni Pancasila.  Boy berharap agar masyara­kat tetap mengacu pada politik kebangsaan yang berdasar pada konstitusi negara jelang Pemilu 2024.

Hal disampaikannya usai acara Rakornas dan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (2/8).

Menurut dia, politik kebangsaan bertujuan agar eskalasi peningkatan politisasi agama, politik identitas, dan polarisasi bisa dihindari. “Apa pun pilihan kita, apa pun yang menjadi hak politik setiap warga individu masyarakat tentunya harus dihormati, memiliki hak yang sama,” kata Boy, Selasa (2/8).

Semangat persatuan dan kesatuan, lanjut dia, penting agar masyarakat tidak meng­edepankan perbedaan yang bisa menimbulkan disintegrasi sosial. Untuk itu, BNPT berharap seluruh tokoh-tokoh politik ikut bersatu dan menggaungkan nilai persatuan guna membentuk iklim demokrasi yang mengacu pada ideologi bangsa. “Jadi, jangan sampai nanti mengedepankan identitas-identitas tertentu yang justru malah bisa menimbulkan friksi,” pungkas Boy Rafli Amar. (mcr9/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top