Menu

Jelang Laga Indonesia Versus Vietnam,  Timnas U-22 Lakukan Pemulihan Fisik

  Dibaca : 499 kali
Jelang Laga Indonesia Versus Vietnam,  Timnas U-22 Lakukan Pemulihan Fisik
PEMULIHAN— Punggawa Timnas Indonesia U-22 memulihkan fisik mereka usai menumbangkan Timnas Singapura di laga kedua. (IST)

MANILA, METRO – Personel Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 tidak lantas berleha-leha setelah menang dengan skor 2-0 atas Singapura di matchday kedua Grup B SEA Games 2019 di Stadium Rizal Memorial, Kamis (28/11) 19.00 WIB. Tim asuhan Indra Sjafri itu langsung menjalani latihan ringan pagi, Jumat (29/11).

Langkah mengingat besok, Minggu (1/12) Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi laga yang sangat krusial versus Vietnam. Sebab, laga menghadapi Vietnam merupakan laga yang cukup menentukan agar keluar dari fase group menatap semifinal. Maka para pemain tidak boleh lengah, sebab matchday ketiga di fase group versus Vetnam yang menegangkan lagi pasca laga Thailand dan Singapura.

Sejumlah pemain yang tidak turun di laga kontra Singapura semalam, menjalani latihan ringan di taman yang berlokasi di depan hotel mereka menginap. Kemudian, pemain-pemain yang mentas di laga kontra Singapura menjalani relaksasi di kolam renang. Langkah itu agar memulihkan kebugaran anak-anak asuh Indra Sjafri tersebut.

“Program kita hari ini memang untuk pemulihan. Kita harus pandai-pandai menjaga kondisi kebugaran pemain karena waktu istirahat sangat singkat. Kita maksimalkan jeda istirahat yang kita punya,” kata Indra Sjafri mengutip dari laman resmi PSSI, Jumat (29/11).

Pertandingan pada multi iven SEA Games ini memang cukup melelahkan para pemain, maka dituntut para pemain pintar-pintar menjaga kebugaran fisik. Karena jadwal pertandingan cukup ketat.

Sehingga, jeda istirahat dua hari wajib dimanfaatkan betul oleh Osvaldo Haay dan kawan-kawan. Sebab, pada Minggu 1 Desember 2019 malam WIB, skuat Garuda Muda sudah ditunggu salah satu kandidat peraih medali emas SEA Games 2019, Vietnam.

Timnas Vietnam U-22 sudah menunjukkan kemapanan mereka di dua laga awal Grup B SEA Games 2019. Saat itu, Nguyen Trong Hoang dan kawan-kawan menaklukkan Brunei Darussalam 6-0, dan Laos 6-1. Alhasil, Vietnam dan Indonesia saat ini duduk di posisi satu dan dua Grup SEA Games 2019 dengan koleksi poin serupa, yakni enam angka. Bisa dibilang, tim mana yang memenangi pertandingan nanti otomatis bakal menginjakkan satu kaki mereka di babak semifinal SEA Games 2019.

Walaupun, sama sama mengantongi poin sama dengan Indonesia, namun Vietnam lebih unggulan dalam perbendaharaan gol. Mereka anak asuh Park Hang seo itu telah mengantongi gol selusin lebih ke gawang Brunei dan Laos. Kalkulasi kalau Indonesia terpeleset menghadapi Vietnam, bisa-bisa jatah Indonesia ke semifinal akan diambilalih Thailand.

Sebab, kalau Thailand sempat kalah oleh Indonesia kalau mereka mulus menyelesaikan sisa pertandingan mereka, bisa mereka melangkah ke semifinal. Apalagi,nanti Thailand bisa mengantisipasi kekuatan anak asuh Park Hang Seo.

Namun, Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U-22 tidak ingin buru-buru merancang strategi melawan Vietnam. Ia lebih memilih untuk fokus memulihkan kondisi fisik Osvaldo Haay dan kolega.

“Program kita hari ini memang untuk pemulihan. Kita harus pandai-pandai menjaga kondisi kebugaran pemain karena waktu istirahat sangat singkat. Kita maksimalkan jeda istirahat yang kita punya,” kata Indra Sjafri di laman resmi PSSI.

Pada pertandingan terakhir, Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Singapura dengan skor 2-0. Dua gol Garuda Muda diciptakan oleh Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam.

Kemenangan itu membuat Indonesia berada di posisi kedua Grup B SEA Games 2019. Tim asuhan Indra Sjafri cuma kalah selisih gol dari Vietnam yang berada di puncak.

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang Seo mengatakan, meski hanya punya waktu dua hari untuk recovery, sebenarnya durasi itu lebih panjang ketimbang laga sebelumnya. Sebelum melawan Laos dan Brunei, Timnas Vietnam U-22 serta Timnas Indonesia U-22 hanya punya waktu istirahat selama satu hari saja.

“Kami hanya punya dua hari untuk persiapan pertandingan sebelumnya menghadapi Indonesia dan laga ini sangat penting buat Vietnam,” tegas Park Hang-seo.

Park Hang-seo secara khusus memuji performa dua pemainnya dalam laga kontra Laos, Ha Duc Chinh dan Nguyen Tien Linh.

“Pada laga kedua kami di SEA Games 2019. Saya gembira dengan kemenangan tim dan selamat buat pemain. Saya mengapresiasi Ha Duc Chinh dan Nguyen Thien Linh. Kerja sama kedua akan menghasilkan lebih banyak gol lagi di SEA Games kali ini,” katanya. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional