Menu

Jelang Keberangkatan ke PON XX Papua, 2 Atlet Paralayang Pamit ke Wako Paya­kumbuh

  Dibaca : 136 kali
Jelang Keberangkatan ke PON XX Papua, 2 Atlet Paralayang Pamit ke Wako Paya­kumbuh
SEMANGATI--Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi memberi semangat atlet Pralayang asal Payakumbuh yang akan memperkuat kontingen Sumbar di PON XX Papua.

PAYAKUMBUH, METRO–Dua atlet paralayang ke­banggaan Kota Paya­kumbuh yang memperkuat kontingen Provinsi Sumbar pada ajang pekan olahraga nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua me­nemui Wali Kota Riza Falepi di ruang kerjanya di lantai III Balaikota, Selasa (7/9).

Atlet yang terdiri dari Ab­durrahman Hidayat (16) dan Febri Yulito (26) akan berangkat ke Papua 15 September 2021 men­da­tang. Mereka didampingi pelatihnya Dodo Kurdi ber­sama Pembina Gusti Putra dan Indra Nazwar, serta Ketua Harian Cabor Para­layang M Iqbal.

Menurut Dodo Kurdi yang juga mantan pem­balap grass track atau motor trail Kota Payakumbuh yang melegenda itu me­reka sudah melakukan awal seleksi atlet paralayang selama lebih kurang tiga tahun melalui seleksi Pra PON.

”Meski PON diundur seta­hun ka­rena pandemi Covid-19, kami te­tap mem­persiapkan atlet, bah­kan sebelum pra PON setiap hari berlatih di Taeh Bukik, Gunuang Bungsu,” ung­kap Dodo.

Dijelaskan Dodo, ada sekitar 20 orang atlet para­layang yang ikut seleksi Pra PON dari selu­ruh dae­rah di Sumbar, hasilnya 6 orang berhasil lolos untuk ikut PON XX 2021 di Papua. Di anta­ranya, 2 dari Paya­kumbuh, 3 dari Dhar­mas­raya dan 1 dari Pesisir Selatan.

”Ini merupakan per­tama sekali Sumbar punya per­wa­kilan dari daerah untuk Cabor Paralayang dalam ikut PON, sementara ikut seleksi Pra PON sudah 3 kali, tapi tak pernah lolos. Sebelum ke Papua, kita juga melakukan latihan atau TC di Singkarak, Solok,” ung­kap Dodo.

Wali Kota Riza Falepi didam­pingi Kadisparpora Desmon Corina dan Kabid Pemuda Delni Putra me­ngung­kapkan, rasa bangga dan kagum atas pen­ca­paian ini. Menurutnya, atlet-atlet ini sedang ber­juang, tentu mereka harus disemangati.

”Selamat bertanding, semo­ga sukses, kalau bisa atlet kita tak hanya ikut PON saja, tetapi bisa ikut Olimpiade, kita harus men­jadi salahsatu kota yang bisa melahirkan atlet dan mem­bina mereka hingga bisa suk­ses,” kata Riza.

Riza menyebutkan, su­dah menjadi tradisinya bagi Indonesia unggul pa­da Cabor Bulu­tangkis, tapi tidak menutup kemung­kinan peluang baru seperti unggul di paralayang, ska­te­board dan panjat tebing, serta olahraga tradisional se­perti panahan dan re­nang.

”Kita harus bisa mem­per­siapkan orang-orang terlatih. Tidak ada yang tidak bisa asal­kan pem­binaannya serius dan ada komitmen,” kata Riza Fa­lepi sekaligus memberikan uang saku bagi dua atlet itu sebagai bentuk dukungan morilnya.

Sementara itu, Kadis­parora Desmon Corina mengatakan, ada 5 atlet asal Payakumbuh yang memperkuat kontingen Provinsi Sumbar dalam ajang olahraga bergengsi tingkat nasional itu. Yaitu, 1 orang dari Cabor Kempo Iqlimatul Aini, 2 orang di Karate Fadila Rahmi dan Suci Kurnia Dewi.

”Sebelumnya, tiga atlet bela­diri telah dikunjungi juga Wakil Wali Kota Erwin Yunaz di GOR H Agus Salim di Kota Padang. Keda­ta­ngan atlet paralayang hari ini mewakili rekan-rekan­nya untuk meminta restu dari Walikota Paya­kum­buh,” ujar­nya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional