Menu

Jelang Berangkat PON XX di Papua, Wagub Minta Atlet Rutin Tes Swab PCR

  Dibaca : 56 kali
Jelang Berangkat PON XX di Papua, Wagub Minta Atlet Rutin Tes Swab PCR
ARAHAN—Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, saat memberi arahan sekaligus membuka secara resmi acara TC Intensif Khusus Prestasi Emas untuk Minangkabau, Senin (2/8) di Gedung Serbaguna KONI Sumbar, GOR H. Agus Salim Padang.

PADANG, METRO–Wakil Gubernur Suma­tera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy meminta se­mua atlet dan ofisial yang tergabung dalam kontingen untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin meng­hadapi PON XX Papua. Ter­masuk rutin melakukan Tes Swab PCR.

“Saat ini situasi memang amat sangat sulit. Karena Covid-19 masih merajalela. Karena itu untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan atlet dan ofisial harus rutin Tes Swab PCR sebelum be­rangkat,” kata Audy, saat  memberi arahan sekaligus membuka secara resmi aca­ra TC Intensif Khusus Pres­tasi Emas untuk Minang­kabau, Senin (2/8) di Gedung Serbaguna KONI Sumbar, GOR H. Agus Salim Padang.

Ia mengatakan kondisi Papua saat ini tidak lebih baik dibanding Sumbar. Karena itu atlet harus bisa tetap menjaga kesehatan selama PON berlangsung. Tidak boleh longgar dalam pene­rapan protokol kesehatan.

Menurutnya dari per­siapan yang serba terbatas dan situasi yang sangat ti­dak memungkinkan ters­e­but, termasuk banyak ang­garan yang direfocusing, semua harus tetap berusaha optimal. Karena yang diba­wa adalah nama Sumbar.

“Kami dari Pemprov Sum­bar akan men-support apa yang bisa kami lakukan. Kami sudah berkoordinasi bersama Gubernur dan jaja­ran KONI untuk mengu­payakan semaksimal mung­kin, solusi dari kekurangan yang terjadi pada persiapan atlet PON Sumbar,” ungkap­nya.

Dalam kesempatan itu ia mengingatkan Tim Kese­hatan untuk memberikan obat malaria pada atlet be­be­rapa hari, sebelum be­rangkat. Karena Papua sa­lah satu endemik malaria. “Hal-hal kecil ini bisa ber­pengaruh besar dalam per­tandingan. Jangan sampai terlupa,” ujarnya.

Audy juga berpesan se­la­ma di Papua harus men­jaga nama baik Sumbar. Berlatih dengan sungguh-sungguh, bertanding de­ngan sungguh-sungguh ka­rena bagaimanapun konti­ngen membawa nama Sum­bar. Ia mengatakan Pem­prov Sumbar akan mengu­payakan bonus untuk yang berprestasi dalam PON P­a­pua.

Ketua KONI Sumbar A­gus Suardi mengatakan, tujuan TC itu untuk per­siapan menghadapi PON ke-XX di Papua. Dengan TC latihan akan semakin sis­tematis dan terukur. Se­hingga bisa memberikan hasil terbaik.

Ia menyebut kekuatan atlet Sumbar untuk PON Papua adalah 188 atlet 55 pelatih. Atlet akan berlaga pada 184 nomor atau kelas di empat lokasi Kota Jaya­pura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kota Merauke.

Menurutnya tantangan yang dihadapi saat ini jauh berbeda dari sebelumnya. Tantangan pandemi Covid-19 merupakan hal yang ha­rus disikapi bersama. Jauh­nya lokasi perhelatan PON juga menjadi tantangan ter­sendiri, karena anggaran yang ada sangat terbatas . “Bagaimana pun tantangan ini akan kita lalui bersama dalam ikhtiar untuk meraih 16 emas pada PON Papua,” katanya.  Turut hadir pada acara itu Kepala Dinas Di­s­pora Sumbar, Butavidia, Dewan Komisi V DPRD Sum­bar, dan Kepala Dinas Ko­minfotik Sumbar serta at­let. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional