Menu

Jelang Berakhirnya Verfak, KPU Monitoring hingga Perbatasan

  Dibaca : 168 kali
Jelang Berakhirnya Verfak, KPU Monitoring hingga Perbatasan
MONITORING—Komisioner KPU Amfreizer (berdiri) saat melakukan monitoring di daerah perbatasan Sumbar-Riau, Tanjung Balik.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Beberapa hari jelang berakhirnya Verifikasi Faktual (verfak) Berkas Dukungan Perbaikan Calon Perseorangan pada Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan monitoring ke sejumlah nagari di perbatasan Sumbar-Riau. Monitoring itu dilakukan jajaran KPU untuk memastikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) bekerja sesuai aturan dan menggali persoalan yang dihadapi.

Selain di daerah perbatasan, monitoring itu juga dilakukan di kecamatan lainnya di daerah yang memiliki tiga belas kecamatan itu. Sehingga setiap tahapan Pilkada di Kabupaten Limapuluh Kota bisa berjalan sesuai dengan aturan dan waktu yang ditetapkan.

“Iya, beberapa hari jelang berakhirnya verifikasi faktual berkas perbaikan Calon Perseorangan, kita (KPU.red) melakukan Monitoring ke Kecamatan yang ada di wilayah kerja kita. Kita juga menggali potensi yang dihadapi petugas di lapangan,” terang Komisioner KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Divisi Hukum dan Pengawasan, Amfreizer, Kamis (13/8).

Disampaikannya, verifikasi faktual berkas perbaikan Calon Perseorangan berakhir pada 15 Agustus. Setelah itu dilakukan pleno ditingkat kecamatan dan kabupaten.

“Proses verfak perbaikan akan berakhir 15 Agustus. Di salah satu daerah yang saya kunjungi di Tanjung Balik, dari 197 pendukung pada hari ke-5 baru 3 orang pendukung yang bisa di kumpulkan oleh petugas LO pasangan calon,” jelas Amfreizer yang juga melakukan monitoring ke Kecamatan Harau dan Kapur IX.

Terpisah, Anggota Panwascam Kecamatan Guguak, Taufik menyebutkan bahwa hingga kini pihaknya masih terus melakukan pengawasan terhadap proses verfak yang dilakukan KPU melalui PPS. Menurutnya, usai verfak, dilanjutkan dengan rekapitulasi atau pleno terbuka di tingkat Kecamatan. “Sesuai jadwal, rekapitulasi tingkat Kecamatan akan dilaksanakan PPK direntang tanggal 17-19 Agustus, biasanya sehari sebelum pelaksaan surat undangan sudah dikirimkan kepada kita,” sebutnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional