Close

Jelang Akhir Tahun, Disdag Kota Padang Diminta Awasi Harga Sembako

Surya Jufri, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Padang.

SAWAHAN, METRO–Tren kenaikan harga pangan jelang akhir tahun harus diantisipasi Dinas Perdagangan Kota Padang lebih cepat. Saat ini, sejum­lah komoditas pangan dike­tahui mulai mengalami ke­cenderungan kenaikan, te­ru­tama untuk minyak goring dan cabai merah. Peme­rintah diminta menekankan fokus pada kesiapan sistem distribusi agar penyediaan pangan dapat merata dan tidak terjadi lonjakan harga..

Hal iti diungkap Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pa­dang, Surya Jufri. Ia meminta kepada Dinas Perdagangan melakukan pengawasan terhadap harga sembako yang sebagian mengalami kenaikan di pasaran.

“Jangan ada pihak yang bermain dalam hal ini, jika memang naik tentu tak terlalu merangkak tinggi,” ujarj Surya Jufri, Senin (8/11).

Ia meminta, Disdag mengingatkan para distributor, agen yang ada soal kebutuhan pokok dan mengimbau agar mereka menjual sesuai Harga Ece­ran Tertinggi (HET). “Jika mereka sengaja me­nim­bun dan memainkan harga sembako, harus dibe­rikan sanksi tegas,” paparnya.

Selain itu, jika perlu Dinas Perdagangan gelar Operasi Pasar (OP) di loka­si tertentu. Supaya kemu­dahan masyarakat meme­nuhi kebutuhan terwujud dan penyimpangan tidak terjadi.

Diketahui saat seka­rang, sebagian sem­bako mengalami kenaikan se­perti cabai merah Rp49 ribu per kilo yang sebelumnya Rp40 ribu – Rp42 ribu. Be­gitu juga jenis lainnya, yakni minyak goreng de­ngan harga mencapai Rp17.500 per liter.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar siap melakukan penga­wasan dan turun ke lapa­ngan terkait naiknya se­bagian sembako.

“ Kita akan sikapi hal ini dengan cepat serta dalam pekan depan Pasar Murah akan digelar di Dinas Per­dagangan,”ujarnya.

Ia mengakui, kebutu­han pokok sebagian naik harganya. Ini telah terjadi sejak sepekan yang lalu. Faktornya bisa saja peru­bahan cuaca dan barang yang masuk terkendala akses transportasi. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top