Menu

Jelang Akhir Tahun, Anggota Dewan Sibuk Kunker Luar Kota

  Dibaca : 469 kali
Jelang Akhir Tahun, Anggota Dewan Sibuk Kunker Luar Kota
Ilustrasi Kunker (foto : okezone)

SAWAHAN, METRO – Jelang akhir tahun, DPRD Padang kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) keluar kota, pada 24-26 November. Kunker ini terkait pembahasan tiga rancangan peraturan daerah (ranperda) yang diajukan oleh Pemko Padang.

Ranperda tersebut yaitu Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Kota Padang Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) I. Ranperda tentang Pelayanan Ketenagakerjaan oleh Pansus II. Serta, Ranperda Perubahan Atas Perda Kota Padang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Air Tanah yang dibahas Pansus III.

Wakil Ketua DPRD Padang Arnedi Yarmen yang ikut bersama Pansus I mengatakan, bahwa pansus tersebut melakukan kunker ke Pemko Tangerang Selatan. Dipilihnya daerah ini karena sudah terlebih dahulu melakukan kajian terkait Susuna Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

Anggota Pansus II, Ja’far menyebutkan bahwa ia bersama anggota pansus melakukan kunker ke Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). “Kami ke DPRD Kota Mataram, Dinas Pelayanan Ketenagakerjaan dan Perindustrian Mataram dan Bagian Hukum Pemko Mataram,” tandas Ja’far.

Dipilihnya Mataram sebagai lokasi kunker terang Ja’far karena kota ini sudah ada perda ketenagakerjaan sejak 2016 lalu. Pihaknya ingin menggali dan mempelajari, bagaimana DPRD dan Pemko melahirkan Perda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan.

“Membandingkan produk perdanya dengan perda yang sekarang ini sedang dibahas di Pansus II DPRD Padang. Sejauh mana efektifitas perda dan dampaknya bagi dunia investasi dan perekonomian kota,” bebernya.

Terpisah, Ketua Pansus III, Surya Jufri menyebutkan, pihaknya melakukan kunker ke tiga instansi. Yaitu, PDAM Depok, Kementerian ESDM dan DPRD DKI Jakarta.

“Kita ingin melihat prospek PDAM di Depok. Seperti dalam hal pemakaian air, pendapatan asli daerah (PAD), penyertaan modal PDAM dan sumber air dari mana saja,” ujar Surya, Senin (25/11).

Surya berharap, dengan kunker ini dari Pansus III ini, dapat memberikan masukan, bahan kajian, pengayaan dan muatan dalam pembahasan Ranperda Perubahan Atas Perda Kota Padang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Air Tanah yang sedang dibahas saat ini.

Dari data jadwal anggota DPRD pada masa sidang III 2019, sudah banyak kunker yang telah dilakukan para wakil rakyat. Diantaranya, pada 3-7 September ada kunker pansus tata tertib DPRD, kunker komisi terkait Perubahan APBD 2019 dan penyusunan renja (22-26 September).

Kemudian, kunker Pansus Ranperda RPJMD (8-12 Oktober), kunker Bamus (15-19 Oktober) dan kunker Banggar terkait APBD 2020 (28 Oktober hingga 1 November. Berikutnya, kunker komisi (5-9 November), kunker BK dan Bapemperda (12-16 November), serta kunker pansus 3 ranperda pemko ( 24-26 November).

Dari jadwal yang ada, anggota DPRD masih akan melakukan kunker yang akan dilaksanakan pada 3-7 Desember nanti. Kunker terakhir pada masa sidang III 2019 ini merupakan kunjungan kerja Banggar. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional