Menu

Jelang 32 Besar Piala Indonesia 2019, Syafrianto Buta Kekuatan PS Tira

  Dibaca : 191 kali
Jelang 32 Besar Piala Indonesia 2019, Syafrianto Buta Kekuatan PS Tira
ARAHAN DAN TAKTIK— Pelatih Kepala Semen Padang FC Syafrianto Rusli, memberikan arahan dan taktik kepada anak asuhnya saat latihan rutin saat Liga 2 Indonesia 2018 lalu. 

PADANG, METRO –  Bertemu dengan tim besutan Rahmad Darmawan PS Tira, Pelatih Semen Padang Syafrianto Rusli, mengaku buta dengan kekuatan PS Tira yang akan menjadi lawan di babak 32 besar Piala Indonesia.

Oleh karena itu, Semen Padang akan fokus dengan permainan sendiri saat pertandingan. ”Setelah liga usai, semua tim banyak yang merombak pemain. Jadi, saya tidak begitu mengetahui pemain PS Tira. Saya rasa semua tim akan sama,” sebut pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli, Rabu (9/1).

Piala Indonesia akan dimanfaatkan Semen Padang untuk menyeleksi pemain yang  dipersiapkan untuk menghadapi Liga 1 Indonesia 2019. ”Besok, kami akan memulai latihan untuk persiapan menghadapi Piala Indonesia. Kami akan mencoba memadukan pemain lama dengan pemain yang akan ikut seleksi,” ujar dia.

Saat ini, Semen Padang telah memastikan mempertahankan 17 pemain lama serta mendapatkan Syaiful Indra Cahya secara lisan. Selain itu, Semen Padang juga akan menjajal pemain asing asal Uzbekistan.

Dalam aturan baru yang dikeluarkan PSSI untuk Piala Indonesia, setiap tim boleh mendaftarkan pemain baru sebanyak 30 orang.

Di babak 16 besar dan delapan besar, setiap tim bisa mengganti tujuh pemain. Peraturan lama Piala Indonesia mengenai pemain juga dibatalkan.

Terkait bertemu PS Tira, tim yang berjuluk Kabau Sirah ini belum mendapat informasi jelas kapan pertandingan tersebut akan berlangsung. ”Kita belum terima jadwal resmi, jadi kita tunggu saja yang jelas tim untuk hadapi PS Tira akan kami matangkan,” tutupnya.

Kans Tim Non Unggulan

Untuk diketahui, undian babak ini pun sudah dilakukan pada Selasa (8/1) di Hotel Sultan, Jakarta. Berdasar hasil undian, tim-tim unggulan terutama dari Liga 1 diyakini akan mulus melewati babak 32-besar.

Meski begitu, mereka tetap harus berjuang keras. Maklum saja, mulai babak 32-besar, tak lagi menggunakan sistem single match, melainkan home and away. Artinya, kans tim non unggulan untuk membuat kejutan terbuka lebar saat mereka bermain sebagai tuan rumah.

Di babak 32-besar, sebagian besar tim Liga 1 akan bersua dengan tim yang kastanya di bawah mereka. Namun, ada beberapa laga yang bakal seru karena status tim lawan adalah peserta Liga 1 musim 2019. Di antaranya adalah Semen Padang vs PS Tira, kemudian Barito Putera kontra PSS Sleman, dan Kalteng Putra vs PSM Makassar.

Sebelum undian dimulai, seluruh tim yang melaju ke 32-besar dibagi menjadi dua kelompok, yakni Barat dan Timur. Masing-masing kelompok terbagi kembali menjadi dua zona. Zona Barat 1 diisi oleh PSBL Langsa, Keluarga USU Medan, Kepri 757 Jaya, Semen Padang, Sriwijaya FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan PS Tira. Sedangkan Zona Barat 2 terdiri dari Cilegon United, Persita Tangerang, Persiwa Wamena, Persibat Batang, Persib Bandung, PSIS Semarang, Madura United, dan Arema FC.

Sementara Zona Timur 1 diisi oleh Persik Kendal, PSS Sleman, Persinga Ngawi, Blitar United, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Bali United, dan Barito Putra. Sedangkan Zona Timur 2 terdiri dari Mojokerto Putra, Kalteng Putra FC, Pesidago Gorontalo, Perseru Serui, Borneo FC, Mitra Kukar, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Tim-tim dari keempat zona tersebut akan bertanding berdasar zonanya masing-masing. Artinya diundi di zona yang telah ditentukan. Alhasil tidak akan ada laga antarzona. Dijadwalkan laga 32-besar Piala Indonesia akan mulai digelar dari tanggal 22 Januari hingga 6 Februari 2019.

Manajer Tim Semen Padang FC Win Benardinho mengatakan bahwa dalam Piala Indonesia timnya siap berikan yang terbaik. ”Siapapun lawannya, yang jelas setiap pertandingan itu kita siap berikan permainan yang menarik,” ujarnya saat dihubungi POSMETRO, Selasa (8/1).

Mengenai pemain, Win menyebut, saat ini masih terus melakukan pemantauan terhadap pemain-pemain lokal. Tentunya, pemain-pemain tersebut sesuai dengan kriteria tim dan berlabel Liga 1. Untuk pemain asing, tim akan membicarakannya lebih lanjut meskipun banyak tawaran yang datang.

”Sekarang memang sudah banyak masukan yang diterima oleh manajemen mengenai pemain, tapi kita harus diskusi dulu untuk menentukannya. Selain itu, negosiasi dengan pemain yang tengah kita incar juga sedang berjalan. Intinya, tunggu saja,” tutup Win. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional