Menu

Jejak Perjuangan Kemerdekaan Kapten Amir Jamin, Filmnya Dapat Sambutan Hangat Masyarakat

  Dibaca : 104 kali
Jejak Perjuangan Kemerdekaan Kapten Amir Jamin, Filmnya Dapat Sambutan Hangat Masyarakat
SAMBUTAN— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan sambutan saat penayangan film perjuangan kemedekaan Kapten Amir Jamin, mendapatkan sambutan dari masyarakat Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO
Kapten Amir Jamin merupakan salah seorang sosok pejuang Kemerdekaan yang berasal dari  Nagari Kubang Sawahlunto, yang gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di mana dengan membakar semangat anak negeri bersatu untuk keluar dari belenggu penjajahan. Senin malam (14/12) Film Perjuangan Kapten Amir Jamin mendapat sambutan hangat dari para penonton yang terdiri dari masyarakat Kota Sawahlunto.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, pembuatan film jejak perjuangan seorang pahlawan kemerdekaan dari Nagari Kubang dapat menguak sejarah yang sudah lama terpendam. Perjuangan Kapten Amir Jamin harus dijadikan acuan dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air karena kemerdekaan Indonesia didapat dari hasil perjuangan anak bangsa dengan darah dan keringat.

“Saya bangga dengan adanya film perjuangan ini karena telah membuka mata kita bahwa ada sosok pejuang berpangkat kapten dari Sawahlunto tepatnya di Nagari Kubang,” kata Walikota Sawalunto Deri Asta dalam sambutannya ketika membuka Nonton Bareng Trailer Film Jejak Perjuangan Kapten Amir Jamin atas Inisiasi Kodim 0310/SS, di Resto Mak Itam Kampung Teleng, Senin kemarin.

Dandim 0310/Swl-Sjj  Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi mengatakan, ternyata di Kota Sawahlunto terjadi gerakan rakyat untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. “Perjuangan rakyat yang dikomandoi oleh seorang Kapten Amir Jamin merupakan kontribusi besar terhadap kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Endik Hendra.

“Saya berharap Pemko Sawahlunto dan Anak Nagari Kubang bersinergi untuk menggali sejarah sehingga suatu saat dapat dibuat film perjuangan Kapt. Amir Jamin yang lebih utuh dan berkualitas,” ungkap Endik.

Akhyar Amir (67 th) putra Kapt. Amir Jamin mengatakan, tema trailer film Kapt. Amir Jamin adalah pengibaran Bendera  Merah Putih dengan mengumandangkan Lagu Indonesia Raya tanggal 16 Agustus 1945 di Batu Tajam, Kubang sehari sebelum Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945.

“Pengibaran bendera merah putih dikomandoi  oleh Kapt. Amir Jamin bersama anak Nagari Kubang,” ujar Akhyar Amir.  “Pada waktu itu orang mengelu-elukan ayahnya sebagai sosok pahlawan bahkan menyebutnya Ayam Jantan dari Sawahlunto,” ujarnya. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional