Close

Jasad Eril Akhirnya Ditemukan, Ahad Tiba di Indonesia, Senin Dimakamkan

JAKARTA, METRO–Setelah hampir dua pekan dinyatakan hilang di sungai Aare, Swiss, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akhirnya ditemukan. Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu (8/6) waktu setempat.

Kepolisian Bern pada Kamis (9/6) telah mengkonfirmasi jika jenazah yang ditemukan adalah Eril. Kepastian ini didapat sesuai kecocokan DNA jenazah.

Duta Besar Indonesia Untuk Swiss Muliaman Hadad, menjelaskan informasi awal disampaikan oleh kepolisian Bern yang mendapatkan laporan penemuan jenazah pada Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06:50 atau 11.50 waktu Indonesia. Kemudian polisi melakukan identifikasi untuk mencocokan DNA jenazah.

Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa benar DNA itu adalah ananda Eril,” tegas Muliaman Hadad dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6).

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, Ridwan Kamil telah berangkat ke Swiss setelah mendapat kabar tersebut. Pak Gubernur sendiri sudah berangkat ke Swiss per hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dulu ada di sana,” kata dia di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6).

Untuk itu, Ridwan Kamil kembali mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selama 11 hari, terhitung pada 9-19 Juni 2022. Emil, sapaan akrabnya sudah bertolak ke Swiss sejak Kamis, (9/6) pagi.

Wahyu menjelaskan, izin cuti Ridwan Kamil itu telah disampaikan ke Kemendagri. Mantan Wali Kota Bandung itu beralasan harus kembali ke luar negeri, dengan alasan penting. Terkait dengan izin gubernur, pemerintah provinsi Jawa Barat sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin keluar negeri dengan alasan penting. Alhamdulillah itu sudah mendapatkan persetujuan dari kementerian dalam negeri mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022,” ucap Wahyu.

Oleh karena itu, untuk memastikan jalannya pemerintahan di Provinsi Jawa Barat, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dipastikan diangkat sebagai pelaksana harian (Plh) gubernur sampai Ridwan Kamil kembali ke Tanah Air.

Jenazah Tiba di Rumah Duka Ahad

Saudara kandung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, yang mewakili proses serah terima jenazah itu. Menurutnya, jenazah diprediksi akan tiba secepatnya.

“Untuk waktu belum bisa ditentukan kapan sampai ke Indonesia. Tapi tentu secepat-cepatnya sesuai sumber daya mendukung. Harapan kami setidaknya Sabtu atau hari Ahad. Kami ucapkan terima kasih kepolisian Bern, kepolisian Maritim, KBRI, yang tak henti-hentinya melaksanakan fungsi perlindungan WNI,” kata Elpi.

Sementara itu dalam akun media sosialnya, sang ayah, Ridwan Kamil menegaskan jenazah anaknya akan tiba pada Minggu di rumah duka. Dan jenazah akan dimakamkan pada Senin.

“Alhamdulillah Ya Allah SWT Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin. Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerjasamanya. Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan Anda semua. Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami,” tutup Ridwan Kamil. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top