Close

Jasa Raharja Serahkan Santunan Rp4,5 Miliar di Kabupaten Padang Pariaman

PDG. PARIAMAN, METRO–Sampai dengan Oktober tahun 2022 Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat telah menyerahkan santunan sebesar Rp 4,5 Miliar bagi para korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan yang terjadi di Kabupaten Padang Pariaman.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu penyerahan santunan untuk korban kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Padang Pariaman naik hingga 11%, yaitu sebesar Rp 4 Miliar.

“Menurut data yang kami miliki bahwasanya Kabupaten Padang Pariaman termasuk wilayah dengan tingkat kecelakaan yang cukup tinggi di Sumatera Barat,” kata Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat Raihan Farani didampingi Penanggung Jawab Jasa Raharja Perwakilan Kabupaten Padang Pariaman, Gangsar, Kamis (17/11).

Ia mengatakan, jika dilihat dari data Kecamatan Batang Anai adalah kecamatan dengan tingkat kecelakaan yang tinggi di Kabupaten Padang Pariaman. “Tingginya mobilitas masyarakat yang sudah kembali normal dan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas menjadi penyebab utama tingginya angka kecelakaan di saat ini,” ujarnya.

Data yang dimiliki oleh Jasa Raharja, penerima santunan berdasarkan profesi didominasi oleh pelajar dan mahasiswa dan berdasarkan umur didominasi oleh masyarakat usia produktif.  “Kami juga berupaya menekan angka kecelakaan dengan melakukan beberapa program yaitu dengan pemasangan rambu lalu lintas, sosialisasi dan pelatihan keselamatan lalu lintas ke sekolah, komunitas dan masyarakat luas,” ungkap Raihan.

Selain itu, kata Raihan, pihaknya juga bekerjasama dengan Forum Komunikasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FKLLAJ) dalam menyusun strategi lainnya. Ia menghimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berkendara, mematuhi  peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan. Apabila melihat atau mengalami kecelakaan segera lapor ke Polisi, se­lanjutnya Jasa Raharja yang akan bekerja.

Jasa Raharja sebagai perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menjalankan program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan memberikan perlindungan bagi penumpang angkutan umum baik darat, laut maupun udara serta korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Dikatakannya, dana tersebut bersumber dari pembayaran Iuran Wajib yang dibayarkan saat membeli tiket resmi angkutan umum dan juga pembayaran  Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan bersamaan pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya di kantor bersama Samsat dimasing – masing daerah. (ozi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top