Close

Januari-September 2021, Dinas Pertanian Catat 209 Ekor Sapi Lahir di Pasaman

Romi Zuswandi.

PASAMAN, METRO–Sebanyak 209 ekor dari berbagai jenis sapi lahir dalam kurun waktu sembilan bulan, terhitung mulai bulan Januari-hingga September 2021 di Pasaman. Seperti dilaporkan Dinas Pertanian setempat terkait kemajuan pelaksanaan kegiatan sapi indukan ko­moditas andalan negeri.

”Dari 209 ekor sapi yang telah lahir itu tidak hanya satu jenis sapi saja. Namun, berbagai macam yakni sapi simental, sapi brahman, sapi angus, sapi limosin, sapi PO dan sapi bali” kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, Romi Zuswandi.

Untuk target pada tahun 2021, target akseptor ialah ternak betina yang siap untuk kawin dan sehat sebanyak 1.775 ekor, Inseminasi Buatan (IB) pada ternak sapi mencapai 1.350 dosis, Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) 310 ekor dan sapi yang telah lahir mencapai 310 ekor.

Maksud dari Inseminasi Buatan (IB) adalah proses memasukkan semen beku berasal dari sapi jantan dengan cara kawin suntik ke salarun alat kelamin sapi betina.

Kendala bagi para peternak di Kabupaten Pasaman kata dia, yakni kurangnya lahan pengembalaan atau tanaman rumput, jadi untuk keterlibatan pemerintah dalam hal ini diharapkan ada pengadaan lahan bagi masyarakat di masing-masing daerah yang popu­lasinya tinggi.

Contoh populasi yang tinggi itu yakni Kecamatan Rao, Kecamatan Duo Koto dan Kecamatan Lubuk Sikaping dan Kecamatan Tigo Nagari.

Ia menuturkan jika pemerintah tidak mampu membeli lahan diharapkan Nagari menghibahkan lahan agar bisa digunakan untuk pengembalaan serta bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan hal tersebut masyarakat semakin ber­semangat dalam berusaha ternak karena alasan masyarakat saat ini akibat keterbatasan sumber daya pakan, makanya masyarakat kurang bersemangat untuk memelihara ternak karena susah mencari rumput.

Sementara lahan tidur untuk ditanam rumput tidak ada lagi karena sudah manfaatkan perkebunan seperti jagung, serai dan lainnya, selanjutnya untuk rata-rata tanaman tua seperti kebun sawit Diintergasikan dengan sapi itu yang paling bagus.

Romi menambahkan, jumlah petugas IB, PKB dan pelapor kelahiran dari para medis dan medis di Pasaman sebanyak 15 orang. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top