Close

Januari-Juni Angka Kelahiran Normal di Kabupaten Pa­sa­man

PASAMAN, METRO–Dinas Pengendalian Pen­duduk dan Keluarga Beren­cana Kabupaten Pa­sa­man mencatat sebanyak 2.568 orang bayi lahir hidup pada Januari hingga Juni 2021 yang tersebar di 12 Kecamatan.

”12 Kecamatan itu an­tara lain Tigo Nagari, Sim­pati, Bonjol, Lubuk Sika­ping, Panti, Padang Ge­lugur, Rao Selatan, Rao, Rao Utara, Mapatunggul, Mapatunggul Selatan dan Duo Koto,” kata Kepala Dinas Pengendalian Pen­duduk dan Keluarga Be­rencana Kabupaten Pasa­man, Desrizal.

Ia menjelaskan melihat tingkat angka kelahiran Januari hingga bulan Juni 2021 dalam keadaan normal, adapun rincian total 2.568 bayi lahir hidup itu yakni pada bulan Januari mencapai 422, Febuari se­banyak 425, Maret 397, April 428, Mei, 451 dan Juni mencapai 445 bayi.

Menurut ketentuan ba­tas usia pernikahan bagi perempuan berumur 21 tahun sedangkan untuk laki-laki berumur 25 tahun.

Selama ini pihak Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pasaman telah berkerja sama dengan Di­nas Kesehatan Kabupaten Pasaman dalam pelak­sa­naan sosialisasi meng­gunakan KB.

Sebelum pandemi CO­VID-19 melanda di Kabu­paten Pasaman, biasanya setiap tahun pihaknya meng­gelar kegiatan be­rupa Bhayangkara KB Ke­sehatan, TNI KB Kesehatan dan PKK KB Kesehatan dan lainnya sasarannya yakni untuk peserta KB.

Selain itu Dinas Pe­ngendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabu­paten Pasaman, memiliki penyuluh KB atau kader KB di 37 Nagari di Kabupaten Pasaman, tujuannya untuk memberikan motivasi dan sosialisasi kepada ma­sya­rakat agar selalu mene­rapkan KB, akan tetapi de­ngan kondisi COVID-19 saat in kegiatan sosialisasi men­jadi terkendala sebab tidak boleh berkurumun. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top