Menu

Januari-Juni 2021, 283, 84 Gram BB Sabu Dimusnahkan di Ta­nah Datar

  Dibaca : 45 kali
Januari-Juni 2021, 283, 84 Gram BB Sabu Dimusnahkan di Ta­nah Datar
PEMUSNAHAN BARANG BUKTTI— Kejaksaan Negeri Tanahdatar memusnahkan barang bukti narkotika dengan cara dibakar.

TANAHDATAR, METRO–Kejaksaan Negeri Ta­nah Datar melakukan  pemusnahan Barang Bukti (BB) Narkotika, di halaman kantor Kejaksaan Negeri Tanah Datar. “Kegiatan Pemusnahan Barang Bukti (BB) Narkotika sejak Januari 2021 sampai dengan Juni 2021 melibatkan sebanyak 22 perkara pidana Narkotika, 3 perkara pidana Kamnegtibum & TPUL, dan 6 perkara pidana dengan barang bukti berupa sabu sebanyak 283,84 gram, gan­­ja sebanyak 993,74 g­ram, timbangan Digital, beberapa buah handpho­ne, alat hisap sabu, dan barang bukti lainnya,” sebut Kajari Tanahdatar Hardijono Sidayat, Kamis (9/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kodim 0307 Tanah Datar, perwakilan Pengadilan Negeri Batusangkar, perwakilan Polres Tanah Datar, Asisten 3 Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Kepala Kesbangpol Kabupaten Tanah Datar, para Kasi dan Kasubbag Kejaksaan Negeri Tanah Datar, serta seluruh jaksa dan pegawai Kejaksaan Negeri Tanah Datar.

“Barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan  putusan perkara narkotika maupun perkara lainnya yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde),” kata Hardijono Sidayat,.

Dikatakan, kegiatan pemusnahan barang bukti Narkotika oleh Kejaksaan Negeri Tanah Datar merupakan bukti keseriusan penegak hukum khusus­nya Kejaksaan Negeri Ta­nah Datar dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar untuk melakukan penindakan serta pencegahan penyalahgunaan dan peredaran Narkotika di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Diharapkan, dengan dilakukannya kegiatan ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum dan mencegah terjadinya kasus penyalahgunaan nar­kotika lainnya di Kabupa­ten Tanah Datar.

“Kegiatan ini selain me­rupakan tugas jaksa selaku eksekutor perkara pidana, juga merupakan e­dukasi bagi masyarakat sehingga mengetahui akibat hukum dari perbuatan pidana dan memberikan rasa takut untuk melakukan tindak pidana,” tuturnya.

Dijelaskan Kajari, Berdasarkan jumlah barang bukti narkotika yang di­mus­nahkan, terdapat pe­­ning­katan jumlah narkotika dibandingkan dengan jumlah barang bukti narkotika periode Juli 2020 sampai dengan Desember 20­20, menandakan bahwa ada­nya peningkatan jumlah penyebaran narkotika di wilayah Kabupaten Ta­nah Datar, sehingga dibutuhkan upaya-upaya bersama dan berkelanjutan dalam rangka meminima­lisir pe­redaran Narkotika di waktu yang akan datang.

“Rata-rata usia pelaku penyalahgunaan narkotika adalah 18 tahun sampai 40 tahun, sehingga harus di­tingkatkan penyuluhan hukum dan penerangan hukum, kepada generasi mu­da, khususnya pelajar, mahasiswa dan pemuda-pemuda usia produktif,” pung­kasnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional