Menu

Januari-Juli 2021, Tercatat 14. 898 Warga Melanggar Prokes di Kabupaten Pa­sa­man  

  Dibaca : 60 kali
Januari-Juli 2021, Tercatat 14. 898 Warga Melanggar Prokes di Kabupaten Pa­sa­man  
Aan Afrinaldi Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Pasaman

PASAMAN, METRO–Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pa­sa­man mencatat sebanyak 14.898 kasus pelang­ga­ran pro­tokol kesehatan COVID-19 selama ope­rasi yustisi yang digelar dari Januari hingga Juli 2021.

”Dari 14.898 kasus itu didominasi pelanggaran seperti tidak memakai mas­ker saat me­ngen­darai sepeda motor dan mobil di jalanan,” kata Kasat Pol PP dan Dam­kar Kabupaten Pasa­man, Aan Afrinaldi.

Ia mengatakan ting­ginya angka pelang­ga­ran protokol kesehatan CO­VID-19 di daerah itu, ka­rena tim gabungan Pe­me­rintah Kabupaten Pasa­man sangat aktif dalam melakukan operasi yustisi, dan termasuk lima besar daerah paling aktif mel­a­kukan operasi sesuai la­poran Pemerintahan Pro­vinsi Sumatera Barat.

”Kepada para pe­lang­gar protokol kesehatan COVID-19 diberikan sank­si. Namun, sanksi sampai ke ranah pidana belum ada, baru sebatas sanksi sosial berupa member­sihkan fasilitas umum se­perti menyapu jalan dan lainnya yang berada di lokasi sekitar operasi yus­tisi.” jelasnya.

Setelah menjalani sank­si sosial diberikan masker secara gratis oleh Tim Gabungan Operasi Yustisi untuk langsung dipakai baru diperbolehkan pergi.

Ia menyebutkan selain penertiban terhadap pe­langgar protokol kese­ha­tan COVID-19, pihaknya juga menyampaikan im­bauan secara persuasif ke lokasi fasilitas umum, agar warga menerapkan pro­tokol kesehatan COVID-19 serta patuh saat dilakukan penertiban.

Tim Gabungan Ope­rasi Yustisi antara lain Satpol PP, Kepolisian, TNI dan Sub­denpom ini di­gelar dua kali dalam seminggu di 12 ke­ca­matan dengan waktu, dan lokasi yang berbeda-berbeda.

”Selama operasi yus­tisi, baru lima orang pe­ngendara pelanggar pro­tokol ksehatan COVID-19 yang dikenai denda se­besar Rp100 ribu per orang akibat tidak me­makai mas­ker, selebih­nya hanya sank­si sosial dan teguran. Sesuai atu­ran uang denda itu ma­suk ke kas daerah Ka­bupaten Pasaman,” tu­turnya.

Selain operasi yustisi, Satpol PP Kabupaten Pasa­man juga ikut mendam­pingi kegiatan PPKM di sejumlah nagari, mela­kukan imbauan vaksinasi ke masyarakat dan ke para pedagang pasar.

”Untuk itu masyarakat agar tetap mematuhi pro­tokol kesehatan COVID-19, dan menjaga kese­ha­tan tubuh dengan me­ngon­sumsi makanan yang ber­nutrisi agar imun tubuh lebih kuat dalam me­nang­kal virus,” ajak­nya. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional