Menu

Januari 2021, Terminal Anakaia Dioperasikan

  Dibaca : 99 kali
Januari 2021, Terminal Anakaia Dioperasikan
TINJAU TERMINAL— Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Ditjend Perhubungan Darat, Kemenhub, Rizal Wasal ATD didampingi Kepala BPTD Wilayah III Sumbar, Deny Kusdyana dan rekanan meninjau Terminal Type A Anakaia pekan lalu.

MATA AIR, METRO
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Dian Fakri mengatakan, terminal Tipe A Anakaia direncanakan selesai dibangun pada Desember. Setelah rampung, terminal AKDP itu bakal segera dioperasikan.

“Sesuai kontrak akhir Desember selesai, dalam perencanaannya. Bulan Januari 2021 sudah bisa digunakan,” ujar Dian.

Dian menambahkan, pengoperasian dan pengelolaan terminal tipe A ini dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat, Kementerian Perhubungan RI. Pemko Padang hanya memfasilitasi saja.

Nanti terang Dian, Dishub Kota Padang akan ikut membantu mengarahkan semua kendaraan angkutan menyinggahi terminal tersebut. “Jadi semua AKDP akan diarahkan ke sana,” kata Dian.

Sebelumnya, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal (Ditjend) Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ir Rizal Wasal ATD MM menargetkan, uji coba Terminal Anakaia ini akan dilaksanakan akhir Desember 2020 ini. Dengan rencana soft launching ini, sehingga pada natal 2020 dan tahun baru 2021 nanti, terminal ini sudah beroperasional.

Supaya masyarakat datang ke terminal ini, maka selama uji coba nanti, nanti, tambah Rizal, juga dilakukan evaluasi untuk membenahi kekurangan yang ada. Ke depan, setelah terminal ini beroperasi, maka Kemenhub juga akan mengundang investor di Kota Padang dan Indonesia untuk menjalin kerjasama dari peluang yang ada.

“Kita lakukan market sounding untuk dikerjasamakan. Termasuk kita undang event organizer (EO). Sehingga di terminal ini akan ada kegiatan non stop. Apapun jenisnya, baik itu live music dan hiburan lainnya,” ungkapnya.

Namun, Rizal mengingatkan, semuanya tidak akan berjalan, tanpa dukungan dari Pemprov Sumbar maupun Pemko Padang. Terutama dalam membangun sistem transportasi dan pelayanan angkutan umum ke terminal ini.

Rizal juga berharap, dengan dukungan pemerintah daerah nanti, pihaknya ingin menjadikan terminal ini jadi jendelanya Provinsi Sumbar di Kota Padang. “Di mana di terminal ini, ada informasi juga tentang daerah yang akan dituju. Kita siapkan juga ruangan informasi ini,” terangnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional