Menu

Jangan Lupa, Masa Berlaku SIM tak lagi Sesuai Tanggal Lahir!

  Dibaca : 230 kali
Jangan Lupa, Masa Berlaku SIM tak lagi Sesuai Tanggal Lahir!
Ilustrasi

M YAMIN, METRO
Meskipun telah keluar surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019, dimana masa kedaluwarsa dari Surat Izin Mengemudi (SIM) bergantung pada tanggal percetakan, namun nyatanya hal tersebut masih menjadi pertanyaan bagi masyarakat.

Bahkan, sebagian masyarakat khususnya di Kota Padang masih ada yang belum tahu terkait peraturan yang telah ada sejak Oktober 2019 itu. Sebagian masyarakat masih mengira, batas kadaluwarsa SIM tersebut sesuai dengan tanggal lahir masing-masing.

Kasatlantas Polresta Padang Kompol Syukur Hendri Saputra mengatakan, sejak dikeluarkannya telegram tersebut dan sejak aturan berlaku, masyarakat harus mencermati kapan SIM diterbitkan sehingga tidak kelupaan untuk memperpanjang lima tahun kemudian.

“Ketentuan ini sudah berlaku sejak Oktober 2019 disertai dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012, dimana pada aturan itu disebutkan masa berlaku SIM selama lima tahun terhitung sejak legalitas berkendara ini terbit,” ujar Kompol Syukur.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan yang memiliki SIM harus kembali teliti dalam mengingat kapan dokumen wajib tersebut dicetak karena tanggal lahir tak lagi dapat menjadi patokan dalam memperpanjang SIM.

“Jadi ditegaskan lagi sesuai dengan ketentuan, masa berlaku SIM adalah 5 tahun terhitung sejak SIM dicetak, bukan berdasarkan tanggal lahir lagi. Sehingga, bagi pemilik SIM yang melakukan perpanjangan setelah berlakunya aturan tersebut maka masa berlaku sesuai tanggal pencetakan,” sebutnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional