Close

”Jangan Biarkan Wako Padang Sendiri”

Ilustrasi.

DPRD Kota Padang menginginkan kursi Wakil Wali Kota Padang yang masih kosong agar segera diisi. Sudah berbulan-bulan dan akan mendekati akhir tahun, namun wali kota masih tetap tetap sendiri memimpin Kota Padang, tanpa adanya Wakil Wali Kota. Selain itu, Sekda pun hanya dijabat oleh seorang Pj.

Ketua DPRD Padang Syafrial Kani mengungkapkan, partai pengusung secepatnya mengusulkan nama ke DPRD Padang, karena banyak persoalan yang harus diselesaikan di tengah pandemi.

Namun, lanjutnya persoalannya saat ini terletak di partai masing-masing yakni PAN dan PKS yang sampai hari ini masih belum mengusulkan nama calonnya ke DPRD Padang, sehingga proses pemilihan Wawako belum bisa terlaksana.

Ia mengatakan meski sudah ada dua kandidat yang diusulkan oleh masing-masing partai, namun hal itu belum resmi dan baru sebatas diumumkan kepada publik.

Ia menjelaskan mekanisme pemilihan wakil wali kota di DPRD Padang dilaksanakan berdasarkan tata tertib yang sudah ada. “Secara umumnya nanti nama calon akan diusulkan oleh partai pengusung kepada Wali Kota Padang terlebih dahulu, setelah itu barulah disampaikan ke DPRD Padang,” ucap Ketua DPC Gerindra Padang ini.

Ia mengatakan, partai yang berhak mengusulkan nama calon wakil wali kota adalah dari PAN dan PKS, sedangkan partai lainnya tidak berhak mengusulkan nama calonnya karena telah diatur dalam undang-undang. Bagaimana wakil rakyat menanggapi persoalan ini. Berikut uraiannya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top