Close

Jamu Gubernur Sumbar di Kediaman, Dubes Arab Saudi Tawarkan Kerjasama 18 Negara Timur Tengah

BERTEMU— Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bertemu dengan Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, Rabu, (17/11) di kediaman dubes di Jakarta.

JAKARTA, METRO–Bertemu langsung dengan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, Gubernur Suma­tera Barat (Sumbar) Mahyeldi An­sha­rullah terlibat pembicaraan intens menge­nai kerjasama di bi­dang pendidikan, ekonomi dan investasi permodalan.

“Tentu ini merupakan sebuah peluang bagi Sumatera Barat. Bagaimana mening­katkan kerjasama ini da­lam memajukan pem­ba­ngu­­nan di daerah ini, “ ungkap Mahyeldi, usai per­temuan dengan Syekh Es­sam bin Abed Al-Thaqafi, Rabu, (17/11).

Turut mendampingi Mah­yeldi, saat pertemuan yang dijamu langsung di kediaman dubes yakni, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Marliosni, dan Staf Khusus Kerjasama Luar Negeri dan Negara Timur Tengah, Dr. Muhammad Zen dan H. Hendri Susanto, Lc.

Buya Mahyeldi mengaku, sangat terkesan dan tersanjung atas jamuan yang dibe­rikan oleh Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia ini. Menurutnya, pertemuan tersebut sangat bersahabat dan bermanfaat.

“Kami berbincang me­nge­nai banyak hal yang sangat konstruktif. Terutama tentang berbagai peluang untuk bekerjasama di sektor pendidikan, perekonomian dan penanaman modal. Kita berterima ka­sih kepada Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi yang telah menjamu memfasilitasi pertemuan ini ,” ujar Mahyeldi.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga secara khu­sus juga memohon kesediaan Kerajaan Arab Saudi untuk menerima juara MTQ Tafsir Al Quran yang hafal 30 juz dari Provinsi Sumbar untuk diterima di salah satu perguruan tinggi di Saudi Arabia, melalui jalur khusus.

“ Kita senang dan bangga Saudi Arabia mau menerima permohonan juara MTQ Tafsir Al Quran diterima di salah satu perguruan tinggi di Saudi Arabia. Permohonan kita dikabulkan Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi  sebagai perwakilan Kerajaan Arab Saudi di Indonesia,” ungkap Mahyeldi.

Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi juga menilai, pertemuan dengan Gubernur Sumbar ini sebagai pintu masuk kerjasama Kerajaan Arab Saudi dengan daerah-daerah di Pulau Sumatera.

Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menawarkan  kepada Gubernur Sumbar untuk mengundang 18 Ne­gara Timur Tengah yang memiliki perwakilan di Indonesia untuk datang ke Sumatera Barat.

“Insya Allah kita akan menyambut baik kedatangan para Duta Besar negara-negara sahabat kita di Timur Tengah di Sumatera Barat. Semoga semakin kuat ukhuwah, maka semakin banyak kebaikan yang dapat kita perbuat bagi masyarakat luas. Khu­susnya bagi masyarakat Sumbar” harap Mahyeldi.

Essam bin Abed al-Thaqafi selama ini memang cukup aktif dalam menjajaki berbagai peluang kerjasama Arab Saudi dengan Indonesia. Termasuk juga mempererat kerjasama dengan berbagai pemerintah daerah di Indonesia.

Sebelum menjamu Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Essam bin Abed al-Thaqafi juga telah menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Para­wansa, Senin, 11 Oktober 2021 lalu. Pertemuan di Gedung Negara Grahadi itu membahas rencana pembukaan konsulat Arab Saudi di Surabaya dan pelaksanaan umrah.

Essam bin Abed al-Thaqafi sudah menyampaikan rencana realisasi pembukaan konsulat dengan Pemprov Jatim. Selain itu, pihaknya juga akan berusaha meningkatkan kerja sama bidang pendidikan dengan Jatim. (ADP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top