Menu

Jalur Sungai Penuh-Pessel Rawan Longsor, Pemudik Diminta Waspada

  Dibaca : 90 kali
Jalur Sungai Penuh-Pessel Rawan Longsor, Pemudik Diminta Waspada
Ilustrasi Daerah Rawan Tanah Longsor.

PESSEL,METRO – Ruas jalan nasional menghubungkan tiga daerah, Kabupaten Sungai Penuh, Kota Kerinci, dan Kabupaten Pesisir Selatan masih menjadi jalan alternatif bagi para pemudik, untuk menuju kampung halaman pada lebaran tahun ini. Namun begitu, bagi pemudik yang ingin melintasi ruas jalan, harus tetap harus waspada karena beberapa titik di lokasi tersebut rawan longsor.

Walaupun kondisi jalan sempit, serta rawan longsor, tetapi seperti pada mudik lebaran tahun lalu, jalan menghubungkan tiga daerah itu selalu ramai dilalui kendaraan para pemudik.

Menurut Aji, salah seorang warga setempat, mengatakan, biasanya lonjakan kendaraan para pemudik terjadi pada H-7 sebelum lebaran. Jalan Nasional menuju Sungai Penuh- Muko – Muko- Bengkulu – Tapan Pessel akan ramai kendaraan para pemudik, baik itu roda dua, roda empat pribadi maupun umum.

“Kalau kendaraan kebanyakan didominasi kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi,” terang Aji, Minggu (12/5).

Hal yang sama juga diungkapkan Nanang (30). Seperti lebaran tahun lalu, bengkel tambal ban miliknya ada di daerah Sako, Kecamatan Basa Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pessel, buka 1 x 24 jam. Karena, siang malam kendaraan pemudik akan lalu lalang.

Bagi para pemudik ingin melintasi ruas jalan, Nanang mengimbau agar memperhatikan kondisi kendaraannya. Sebab di ruas jalan tersebut mulai lewat Jangki Ayam Pessel, hingga ke puncak Kerinci, tidak ada bengkel kendaraan.

“Ya, bisa dicek kondisi ban kendaraan, minyak (bensin), lampu dan kondisi kendaraan. Susah kalau sudah mogok di tengah jalan, apalagi tidak ada sinyal ponsel di tengah – tengah jalan,” katanya.

Sedangkan menurut Acik salah seorang sopir angkutan umum Pessel-Sungai Penuh, lonjakan pemudik dari Painan-Sungai Penuh juga sebaliknya akan terjadi seminggu sebelum lebaran.

“Kebanyakan pemudik dari arah Painan ke Sungai Penuh,” bebernya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional