Menu

Jalur Evakuasi jadi Prioritas di Lolong Belanti

  Dibaca : 121 kali
Jalur Evakuasi jadi Prioritas di Lolong Belanti
SILATURAHMI— Camat Padang Utara, Fajar Sukma bersilaturahmi dengan warga. Kemudian, dilanjutkan dengan meninjau lokasi bantaran kali yang berada di RW 06.

BELANTI, METRO
Memasuki musim penghujan, sering kali membuat masyarakat seakan ditakuti rasa cemas. Pasalnya, ketika hujan turun, banjir sering kali melanda Kota Padang. Seperti di Lolong, Kecamatan Padang Utara. Dimana kawasan tersebut menjadi langganan banjir.

“Untuk mengatasi banjir ini diperlukan adanya program jangka panjang, pendek dan menengah serta kerjasama dengan dinas terkait dalam penanganan banjir. Selain itu, drainase yang tidak berfungsi dengan baik,” kata Camat Padang Utara Fajar Sukma saat menghadiri silaturahmi bersama warga di RW 6, Minggu (2/11).

Fajar mengimbau kepada masyarakat agar jangan membuang sampah di sungai. “Ke depannya dibantu dengan warga untuk melakukan gotong royong, bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengangkat sendimen-sendimen sehingga memperlambat laju air,” tambahnya.

Fajar Sukma yang baru delapan bulan menjadi camat ini, berencana akan membuka kembali kawasan jalur evakuasi yang di jalan Belanti Indah Ujung, Kecamatan Padang Utara.

“Jalur evakuasi yang berada dekat STMIK, saat ini tengah mengalami kendala karena jalur evakuasi apabila dibuka dapat tembus ke Jalan Khatib Sulaiman, hingga Masjid Raya Sumbar,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat menjaga kekompakan, terus mempererat tali silaturahmi dan rasa kebersamaan harus ditumbuh kembangkan. “Dan yang paling penting adalah tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan,” imbuhnya.

Menanggapi adanya jalur evakuasi di Jalan Belanti Indah Ujung, Lurah Lolong Belanti, Rini Anggraini segera membahas permasalahan tersebut. “Jalur itu memang menjadi PR, namun kondisi tanah yang masih di pagar masih menjadi hak milik. Dan ini memerlukan proses serta pemerintah tidak mau terburu-buru dalam mengambil sikap,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RW 06, Afri Joni Zoebir yang akrab dipanggil Dodong, berharap agar permasalahan banjir dan jalur evakuasi dapat terselesaikan dalam waktu dekat. Dodong yang baru menjabat sebagai RW, juga akan menghidupkan siskamling di lingkungannya.

Sementara, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Lolong Belanti, Harry Yurino mendukung semua program yang ada di RW 6. “Apapun yang dilakukan di RW 06 dan sifat membangun serta positif, saya pasti mendukung,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, Camat Padang Utara bersama RW dan warga setempat meninjau lokasi bantaran sungai di pemukiman warga. Usai melakukan peninjauan, Camat bersama rombongan dan lurah melakukan makan bersama dengan warga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Para warga datang tampak memakai masker, cuci tangan dan saling menjaga jarak. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional