Menu

Jalan Ujuang Labuah-Simaruok Ditimbun Longsor, Akses Lalu Lintas Putus Total

  Dibaca : 158 kali
Jalan Ujuang Labuah-Simaruok Ditimbun Longsor, Akses Lalu Lintas Putus Total
BANJIR— Akibat dampak curah hujan yang tinggi, sehingga sejumlah titik terendam banjir di Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam.

AGAM,METRO
Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Lubuk Basung sejak kemarin sore, Rabu (23/7) mengakibatkan, tanah longsor di Dusun Simaruok, Jorong II, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung. Akibat, karena material longsor yang menutupi ruas jalan membuat akses Ujuang Labuah-Simaruok putus total.

“Kejadian ini terjadi sekitar jam 03.00 dini hari. Longsor terjadi didua titik,” ujar Ketua Pemuda Dusun Simaruok, Olwi Merta, Kamis (23/7).

Olwi Merta mengatakan, kedua titik lokasi longsor tersebut mengenai ruas jalan yang baru diaspal beberapa waktu yang lalu. ”Salah satu diantaranya, menyebabkan jalan tersebut putus total, sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan, sedangkan yang lainya hanya menutupi sebagian ruas jalan saja” jelas Olwi.

Olwi Merta menjelaskan, salah satu titik lokasi longsor, menutupi ruas jalan lebih kurang sepanjang 10 meter. ”Pagi ini, warga bergotong royong, menggunakan peralatan seadanya untuk membersihkan material longsor tersebut, agar bisa dilalui oleh kendaraan roda dua,” tambah Olwi.

Namun, untuk membersihkan material longsor, agar jalan bisa dilalui kendaraan roda empat, harus dikerjakan dengan alat berat. ”Kami telah melaporkan kejadian ini ke BPBD Kabupaten Agam, agar bisa menurunkan alat berat untuk membantu membersihkan material longsor yang menutupi jalan,” kata Olwi.

Sejumlah Titik Terendam Banjir
Selain itu curah hujan yang tinggi yang terjadi sejak Rabu (22/7) hingga Kamis dini hari (23/7) mengakibatkan, sejumlah titik di Kecamatan Tanjung Mutiara terendam banjir. Camat Tanjung Mutiara, Hidayatul Taufid,mengatakan sejumlah titik digenangi karena intensitas hujan cukup tinggi. Banjir yang terjadi tdak hanya di ruas jalan, namun juga di pemukiman masyarakat.

Dijelaskan camat, lokasi terjadinya banjir diantaranya, jalan Sungai Nibuang, Pasia Paneh, Sungai Sirah Durian Kapeh, Gasan Ketek, Pasar Tiku, Cacang Tinggi dan Jalan Simpang Cacang Randah menuju Bukitlintang. “Rata-rata ketinggian air berkisar 30-50 cm, hingga pagi tadi, genangan air pun belum surut,” jelas Hidayatul. Ditambahkan, saat ini pihaknya bersama tim BPBD Agam sudah turun ke lokasi untuk menangani bencana ini. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional