Menu

Jalan Tembus Bayang Alahan Panjang Terus Dikebut

  Dibaca : 137 kali
Jalan Tembus Bayang Alahan Panjang Terus Dikebut
Ilustrasi

PESSEL, METRO
Pembangunan jalan tembus Bayang-Alahan Panjang terus dikebut. Hal ini dilakukan selain untuk melancarkan jalur transportasi juga untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dua daerah, yakni Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok. Agar pelaksanaan pembangunan tidak mengalami kendala, masyarakat diminta supaya tetap menjaga kelestarian ekosistem kawasan hutan yang dilewati untuk pembangunan ruas jalan tersebut.

“Kesadaran menjaga kelestarian hutan menjadi salah satu pendorong atau jaminan pembangunan jalan tembus itu yang sudah kita mulai sejak tahun 2011 lalu, hingga saat ini terus berlanjut,” ungkap Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Rabu (9/9).

Dijelaskanya, jalan tembus Bayang-Alahan Panjang yang menghubungkan Pesisir Selatan dengan Kabuten Solok, akan memberikan keuntungan yang besar bagi dua daerah itu dalam melakukan percepatan pembangunan, terutama di bidang perekonomian.

Ia menjelaskan, pemerintah pusat, melalui Meteri Kehutanan hanya mengizinkan pemanfaatan hutan konservasi tersebut untuk kebutuhan jalan tembus dengan lebar sekitar 100 meter dan panjang menyesuaikan dengan kebutuhan jalan.

Pada jalur tertentu, nantinya juga akan dipasang rambu-rambu khusus untuk mengingatkan masyarakat. Diantaranya, larangan adanya pemukiman penduduk di sekitar kawasan hutan lindung, aktifitas perdagangan seperti warung atau rumah makan, dan ketentuan khusus lainnya.

“Untuk Kampung Bukit Gandum yang berada dekat dari perbatasan Pessel-Solok, tidak berada di kawasan hutan konservasi. Dengan tuntasnya pembangunan ruas jalan itu nanti, maka diyakini perekonomian dua daerah ini akan semakin menggeliat,” tutupnya.(rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional