Menu

Jalan Nagari masih Tidak Layak

  Dibaca : 236 kali
Jalan Nagari masih Tidak Layak
Muhammad Fadhli

PADANGPARIAMAN, METRO
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhli menyatakan nagari KDB jauh dari akses jalan utama. Jangankan jalan negara, jalan provinsi, maupun jalan kabupaten dengan hotmix yang mulus, rute jalan ke kantor Wali Nagari masih jalan rabat beton yang sudah mulai mengelupas.

“Dengan kondisi jalan yang sudah mulai rusak membuat akses masyarakat ke kantor nagari kurang lancar,” kata Muhammad Fadhly, kemarin.

Secara geografis Nagari KDB terletak di pelosok ujung barat Kecamatan VII Koto Padang Sago.

Walaupun secara geografis berada di Kecamatan VII Koto Padang Sago, tetapi akses menuju KDB lebih lancar melalui Nagari Lurah Ampalu Kecamatan VII Koto.

Tidak semudah nagari yang berada di jalur utama, nagari ini dipenuhi hambatan-hambatan jaringan internet nirkabel. Kualitas jaringan seluler di kantor nagari sangat terbatas.

Sedangkan untuk jaringan kabel fiber optik sangat jauh. Pemasangan jaringan kabel fiber optik belum mungkin saat ini karena membutuhkan biaya yang besar.

Dengan anggaran yang besar tersebut membuat Nagari mengambil opsi lain sesuai dengan prioritas dan dukungan anggaran. Nagari memilih memasang alat sederhana dengan sinyal yang terbatas, tidak sebaik dijalur utama.

Keterbatasan akses internet bukan sebuah hambatan bagi KDB dalam pelayanan masyarakat. Pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat secara online melalui layanan Nagari Go Digital (Nagita) menunjukkan tren yang sangat baik.

Data ini bisa dilihat dari grafik “digital record” pengguna layanan online dari nagari ini.

Data harian menunjukkan tren peningkatan cepat pelayanan adminduk kepada masyarakat. Data digital record dari 16 September dan 17 September.

Layanannya berkinerja sangat tinggi, hampir sama dengan nagari Koto Dalam Selatan (KDS) yang juga mengalami kendala yang sama. Sebagaimana Nagari KDS, KDB juga mengikuti saudaranya, mengalahkan layanan di Nagari induk, Koto Dalam.

Keterbatasan infrastruktur di KDB tidak menjadi halangan dalam melayani masyarakat. Dengan akses internet yang terbatas, KDB didukung oleh perangkat Nagari yang hebat dalam melayani masyarakat.

Komitmen dan integritas perangkat nagari memberikan inspirasi untuk kemajuan Negeri. Semangat untuk KDB, Nagari Hebat Pelayan Masyarakat. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional