Close

Jalan Masuk SMA 10 Jorong Durian Tanjak Memprihatinkan

MEMPRIHATINAKLN—Terlihat jalan tanah menuju gerbang masuk SMA 10 Jorong Durian Tanjak Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solsel sangatlah memprihatinkan butuh pihak terkait menyikapinya.

DURIAN TANJAK, METRO–Kondisi jalan menuju gerbang masuk SMA 10 Jorong Durian Tanjak Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solsel sangatlah memprihatinkan. Pantauan koran ini pada, Jumat (21/10) terlihat akses jalan masih tanah dicampur bebatuan. Apabila hujan deras lebih dari satu jam, kondisi jalan licin, berlumpur. Jika tak hati hati, pengendara termasuk pelajar, guru bisa terperosok ke bawah dan jatuh. Tak hanya itu, pelajar, majelis guru terpaksa memakai sandal ke sekolah bila hujan turun. Jika tidak sepatu turut basah.

Kepala SMA 10, Khairuman me­ngatakan akibat jalan tak repre­sentatif itu, berdampak pada jumlah anak yang masuk ke sekolah ini.

Ia menyampaikan, untuk pengajuan perbaikan telah berkali kali diusulkan lewat Musrenbang. Namun realisasinya belum ada dan dijanjikan 2024 mendatang.  “Kita berharap Pemkab segera benahi. Supaya akses keluar masuk lancar dan lumpur tak lagi terlihat,” ucapnya Jumat (21/10) di sela sela kegiatan Seminar Sehari Minat dan Bakat peserta didik yang digelar di sekolah itu.

Ia mengatakan, untuk panjang jalan sekitar 700 meter dan lebar 3 sampai 4 cm. SMA 10 telah beroperasi sejak 2016 lalu.

Saat ini, jumlah siswa hanya 60 orang mulai kelas satu sampai tiga. Sebelumnya di 2018 anak berjumlah 95 orang.

Anggota DPRD Sumbar, Rahmat Saleh yang pada kegiatan itu selaku Narasumber meminta kepada Pemkab untuk dapat di prioritaskan pembenahannya. Sebab, sekolah adalah akses pendidikan.

Menurutnya, maju sebuah sekolah didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap. Termasuk akses jalan. “ Jalan ini kewenangan berada di Pemkab Solsel. Maka perlu dibenahi. Agar pendidikan maju dan siswa prestasi lahir. Soal seminar itu, para peserta diharapkan terus bergiat dalam menuntut ilmu dan jangan putus asa jika menghadapi kendala.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top