Close

Jalan masih Panjang untuk Mencapai Kondisi Herd Immunity di Kota Sawahlunto

FOTO BERSAMA—Kapolres Sawahlunto AKBP Ricardo Condrat Yusuf foto bersama usai melakukan kegiatan sosialisasi vaksinasi di Desa Taratak Bancah.

SAWAHLUNTO, METRO–Jalan masih panjang yang akan dilalui Kota Sawahlunto dalam mencapai kondisi Herd Immunity. Polres Sawahlunto yang saat ini sedang gencar-gencarnya menga­dakan presisi vak­sinasi. Sehingga de­ngan tujuan segenap ma­sya­rakat yang terdata belum divaksin bisa divaksinasi yang ada di empat kecamatan Kota Sawahlunto.

Kapolres Sawahlunto AKBP Ricardo Condrat Yusuf SIK SH MH dalam temu ramah dengan jurnalis Sawahlunto meng­ungkapkan, sejak mulai menjabat sebagai Kapolres di Kota Sawahlunto, dia langsung menggalakkan presisi vaksinasi de­ng­an datangnya bantuan dosis vaksin dari Polda Sumbar.

”Kita langsung mendata melalui peran Bh­a­binkamtibmas ma­syara­kat atau daerah-daerah yang rendah vaksinasi­nya. Kita langsung menugaskan Bhabinkamtibmas didampingi  1 perwira untuk melaksanakan sosia­lisasi mengajak masyara­kat Sawahlunto untuk segera lakukan vaksinasi,” ujar kapolres.

Dikatakan, melalui kerjasama dan sinergi yang baik dengan unsur peme­rintahan tertinggi kota sampai yang terbawah, melibatkan tokoh masya­rakat dan unsur-unsur terkait lainnya. Gunanya untuk menjelaskan kepada masyarakat agar jangan mudah percaya dengan berita hoaxs di medsos tentang vaksin dan vaksin ini juga akan menjaga kondisi imun tubuh, se­hingga kesehatan diri sen­diri aman dan juga ling­kungan.

Menurut Kapolres hing­ga Kamis (30/9) sudah terjadi kenaikan yang signifikan sekitar 37,7 persen masyarakat yang divak­sin. ”Kalau untuk target kita ingin 100 persen, tetapi untuk target segitu tentu membutuhkan waktu, serta tergantung dengan kerjasama dari berbagai pihak TNI-Polri, Forkopimda untuk menyukseskannya. Dalam waktu dekat Polda akan meluncurkan 50 ribu dosis vaksin lagi untuk Kota Sawahlunto. Kita akan meminta bantuan kepada tenaga kesehatan Sawahlunto dalam pelaksanaanya. Demi Ko­ta Sawahlunto kita a­kan berbuat maksimal untuk mewujudkan kondisi Herd Immunity, ” ujar kapolres.

Melihat kondisi se­ka­rang di mana sebelumnya level 3, sekarang Sa­wahlunto sudah mencapai level 2, sehingga sudah bisa dunia pendidikan melakukan proses belajar mengajar tatap muka di sekolah-sekolah.

”Dan kedepannya kita berha­rap, kondisi perekonomian masyarakat Sawahlunto pulih, kondisi kesehatan baik, pariwisata lancar, semua segi kembali normal seperti sedia kala bila seluruh masyarakat Sa­wahlunto menyadari arti penting dari vaksinasi,” kata kapolres.

Kapolres menyampaikan, Jumat (1/10) setelah Upacara Kesaktian Pancasila, Polres Sawahlunto dan pemko dalam hal ini Walikota Sawahlunto me­ngunjungi Desa Taratak Bancah untuk sosialisasi dan langsung melakukan aksi vaksinasi. Dimana acara tersebut sengaja diadakan pada hari Jumat sebab masyarakat Ta­ratak Bancah ramai pada hari tersebut.

”Kita akan melakukan vaksin kepada warganya termasuk Ka­des Taratak Bancah yang belum divaksin serta apa­rat Desa yang lain,” ujar kapolres.

Dalam temu ramah tersebut dia meminta bantuan kepada pihak media agar mau mensosialisasikan vaksinasi kepada seluruh warga Sawahlunto agar target Herd Immunity ini dapat terpenuhi. Sehingga kejenuhan atas berlarut-larutnya kondisi pandemi covid 19 yang sudah berjalan 2 tahun ini dapat teratasi.

”Sekarang Provinsi Sumbar masuk nomor 2 paling belakang rendahnya partisipasi vak­sinasi. Makanya pihak Polda Sumbar menekankan untuk segera melakukan percepatan vaksinasi di Provinsi Sumbar,” ujar­nya. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top