Menu

Jalan Khatib jadi Arena Balap Liar, Puluhan Kendaraan Knalpot Racing Dikandangkan

  Dibaca : 144 kali
Jalan Khatib jadi Arena Balap Liar, Puluhan Kendaraan Knalpot Racing Dikandangkan
JARING SEPEDA MOTOR— Personel Polresta Padang menjaring sejumlah sepeda motor dalam kegiatan One Night Service.

M YAMIN, METRO
36 unit kendaraan yang memakai knalpot racing, baik roda dua maupun roda empat, terjaring razia personel Polresta Padang pada Sabtu malam (5/12) hingga Minggu dini hari (6/12). Kendaraan tersebut terjaring dalam kegiatan One Night Service yang dipusatkan di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman.

Sebanyak 36 unit kendaraan yang menggunakan knalpot racing tersebut akhirnya dibawa ke Mako Polresta Padang. Dimana, untuk pengambilannya nanti, pemilik kendaraan harus mengganti knalpot dengan yang standar atau asli.

Pantauan POSMETRO, kegiatan ini dimulai dengan apel yang dilakukan di halaman Mako Polresta Padang sekitar pukul 24.00 WIB. Usai apel, petugas langsung bergerak ke Jalan Khatib Sulaiman, ini mengingat jalur tersebut sering dijadikan sebagai arena balap liar oleh para remaja.

Benar saja, melihat petugas yang sampai di lokasi, para pelaku balap liar yang sedang berkumpul langsung kocar-kacir menggeber kendaraannya dari kejaran polisi. Akhirnya satu persatu kendaraan yang menggunakan knalpot racing dan diduga akan melalukan balap liar diamankan polisi.

Selain itu, empat unit kendaraan roda empat juga turut diamankan polisi karena juga menggunakan knalpot bising dan ditenggarai juga sering memacu kendaraannya dengan kencang di Jalan Khatib Sulaiman.

Kasatlantas Polresta Padang, AKP Syukur Hendri Saputra mengatakan, kegiatan penertiban tersebut dilakukan menanggapi respon masyarakat yang sering melaporkan bahwa Jalan Khatib Sulaiman sering dijadikan arena balap liar. Akibatnya, masyarakat merasa terganggu kenyamanan dengan adanya aksi balap liar ini.

“Mendapat laporan tersebut kita langsung bergerak. Sekitar pukul 01.00 WIB, seluruh anggota mengarah ke Jalan Khatib Sulaiman ternyata benar di sana adanya balap liar langsung kita kejar motornya dan kita kandangkan. Sebanyak 36 unit kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang menggunakan knalpot racing berhasil kita kandangkan,” ujarnya.

Tidak itu saja terangnya, setiap kendaraan yang lewat Jalan Khatib Sulaiman, diberhentikan satu-persatu dan diperiksa surat-suratnya. Jika tidak ada suratnya langsung dilakukan tilang oleh petugas Satlantas.

“Sekitar 25 surat tilang dikeluarkan dan diberikan kepada pengendara yang melanggar karena tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraannya,” terang AKP Syukur.

AKP Syukur mengimbau kepada masyarakat supaya mematuhi peraturan berlalu lintas “Janganlah memakai knalpot racing, tidak mempunyai surat-surat lengkap jangan sampai kita melakukan tindakan tegas dengan membawanya ke Polresta Padang dan langsung kita tilang. Kita tidak main-main dengan yang namanya hukum pelanggaran,” tutupnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional