Close

Jalan Inspeksi Batang Agam, Dari Jembatan Hasanuddin-Lundang Mulai Dibangun

MULAI DIBANGUN—Jalan Inspeksi Batang Agam dari Jembatan Hasanuddin- Lundang terlihat sudah dimulai pembangunanya.

POLIKO, METRO–Wajah kawasan Sungai Batang Agam kian dipercantik, akses jalan pun dibuka di sisi kiri dan ka­nannya, kepiawaian Wali Kota Riza Falepi dalam membangun in­frastruktur di Kota Payakumbuh ini diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

“Dulu, Sungai Batang Agam ini menjadi halaman belakang dari Kota Payakumbuh, aktifitas ma­syarakat yang banyak dilakukan hanya sebatas memancing dan tak jarang ditemukan menjadi tempat membuang sampah oleh orang-orang, makanya kita ubah menjadi lebih cantik dan bermanfaat,” kata Riza Falepi kepada media, Rabu (18/8).

Dari pantauan media, terlihat saat ini ada pembukaan jalan inpeksi Batang Agam segmen Jembatan Hasanuddin sampai Lundang dari APBD Kota Paya­kumbuh TA 2021, eskavator sibuk melakukan pemotongan kepada tanah yang tinggi dan dipindahkan galian ke timbunan.

Pemko Payakumbuh menga­lokasikan anggaran pembukaan jalan inspeksi sungai Batang Agam sebesar 509.727.000 rupiah, dengan waktu pengerjaan selama 120 hari, pekerjaannya telah dimulai pada Mei lalu dengan pelaksana CV. Annisa.

Menurut Kadis PUPR Muslim didampingi Kabid PSDA Harlon, kepada media via whatsapp Rabu (18/8), menerangkan untuk pengas­palannya nanti berkemungkinan akan dilakukan oleh Bidang Bina Marga. “Dalam waktu dekat ini kita baru melakukan pembukaan badan jalan dan penimbunan lahan agar tingginya sejajar dengan jalan Hasanuddin,” kata Muslim.

Dijelaskannya, di sepanjang sungai Batang Agam memang ditargetkan dibangun jalan in­speksi guna memudahkan peme­liharaan sungai dan akses masya­rakat. Ditambah nantinya kawasan itu akan cocok untuk berolahraga di sore hari dan aktivitas lainnya. “Masyakat setempat juga mendu­kung pembangunan ini dan mereka mau dibebaskan lahannya untuk diganti wajar oleh pemerintah kota sehingga bisa bermanfaat untuk menjadi pusat pertumbuhan eko­nomi baru. Harapan kita tentunya dengan adanya infrastruktur baru menjadi tanggung jawab bersama menjaganya,” kata Muslim.

Muslim juga menginfor­ma­sikan, melalui APBD Provinsi Su­matera Barat TA 2021, Kota Paya­kumbuh mendapat dukungan pem­bangunan infrastruktur pembe­nahan drainase pembuang. “Con­tohnya dari Simpang Telkom sam­pai Batang Agam dan di jalan Mesjid Batirai,” tutupnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top