Close

Jajaran Reserse Polda Sumbar Gelar Vaksinasi Massal, Ribuan Warga Antusias Datang ke Gedung HTT

VAKSINASI MASSAL-3 Direktur Reserse Polda Sumbar meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang diselenggarakan di gedung Tjinta Teman (HTT) Padang.

PADANG, METRO–Ribuan masyarakat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan jajaran Reserse  Polda Sumbar di gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang, Selasa (23/11). Selain jajaran Reserse Polda, kegiatan vaksinasi juga digelar oleh jajaran Reserse di seluruh Polres di Sumbar.

Direktur Reserse Kri­minal Khusus (Direskrimsus) Polda Sumbar, Kom­bes Pol Joko Sadono mengatakan, kegiatan vaksinasi yang dilsenggarakan ini mendukung program Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Sumbar.

“Khusus  vaksinasi jajaran Reserse Polda Sumbar, jumlah warga yang divaksin sekitar 1.000 orang. Namun, untuk data keseluruhan dengan Reskrim Polres jajaran masih menunggu karena sedang diinput,” kata Kombes Pol Joko.

Dijelaskan Kombes Pol Joko, pada kegiatan vaksinasi massal ini, pihaknya bekerja sama dengan pihak HTT, Biddokkes Polda dan TNI serta melibatkan Ditreskrimsus, Ditreskrimum dan Ditresnarkoba Polda Sumbar hingga seluruh Reskrim Polres-polres di Sumbar.

“Masyarakat sangat antusias, dan mereka datang ke lokasi penyelenggaraan vaksinasi dengan senang hati untuk divaksin.  Hal ini menandakan kesadaran masyarakat terha­dap vaksinasi mulai me­ningkat. Pada kesempatan ini kami juga memberikan sembako untuk masya­rakat yang mengikuti vaksinasi. Penyerahan Sembako itu demi meringankan beban mereka yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Kombes Pol Joko.

Ditegaskan Kombes Pol Joko menyampaikan vaksinasi akan terus berlanjut, sebab pelaksanaan vaksinasi  tersebut demi mendukung dan membantu program pemerintah sebagai upaya percepatan penanganan pandemi Co­vid-19, khususnya di Sumbar.

“Melalui vaksinasi ini bisa meningkatkan herd immunity atau kekebalan kesehatan, sekaligus membantu capaian vaksinasi di wilayah Provinsi Sumbar,” ungkap Kombes Pol Joko.

Anggota DPRD  Sumbar Apresiasi Polisi

Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Albert Hendra Lukman mengatakan, ke­giatan vaksinasi massal yang dislenggarakan oleh Polda Sumbar, khususnya jajaran Reserse ini patut diapresiasi, karena tujuannya untuk meningkatkan capaian vaksinasi.

“Kita sangat apresiasi apa yang sudah dilakukan TNI-Polri dalam mening­katkan capaian vaksinasi. Pemerintah Provinsi Sumbar, maupun kabupaten/kota disarankan mengikuti langkah-langkah yang dilakukan TNI-Polri,” kata Albet.

Ditegaskan Albet, selama ini, TNI-Polri yang su­dah sangat masif, sampai-sampai mereka memerintahkan seluruh jajaran harus mendukung vaksinasi. Dalam meningkatkan capaian vaksinasi dan men­dukung program vaksinasi tersebut, personel Polri membawa beberapa orang warga untuk divak­sin.

“Sebenarnya kita bisa saja membandingakan, alangkah bagusnya Pemprov Sumbar yang ASN-nya, pegawai negeri, melebihi dari jumlah TNI Polri di Sumbar ini bisa mengi­kuti langkah-langkah yang dilakukan pihak Polri dan TNI,” ujar Albert.

Albert Hendra Lukman menjelaskan, misalnya, di Kota Padang ada 10 ribu aparatur negeri sipil (ASN), lalu 10 ribu ASN itu membawa 5 orang warga, maka sudah 50 ribu orang yang divaksin.

“Artinya, masyarakat Sumbar yang harus divaksin itu sebanyak 4 juta orang, maka 50 ribu orang itu sudah naik satu persen lebih. Program vaksinasi adalah kebijakan pemerintah dalam percepatan pe­nanganan pndemi Covid-19. Namun, pemerintah itu bukan hanya TNI-Polri, tetapi ada pemerintah pro­vinsi, dan pemerintah kota/kabupaten.

Albert Hendra Lukman, menambahkan, dalam meng­hadapi pandemi Co­vid-19 ini, semua elemen masyarakat harus bergo­tong-royong. Oleh karena itu HTT merasa perlu ber­kontribusi dalam penyelenggaraan vaksinasi dan bakti sosial.

“Saya melihat kondisi Kota Padang sangat ren­dah capaian vaksinasi. Ber­sama-sama TNI, Polri, HTT menyiapkan tempat yang ingin vaksinasi massal pakai gedung kami. Hampir 50 kali pelaksanaan vaksinasi di gedung HTT, dimulai sejak akhir Februari 2021. Kami me­ngimbau masyarakat yang belum vaksin supaya me­ngikuti vaksinasi,” kata Albert, yang juga Ketua Bi­dang Operasional HTT. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top