Close

Jajaki Kerja Sama, TPID Merapat ke Palembang

TUKAR CENDERA MATA— Wabup Richi tukar cendera mata dengan Kota Palembang.

TANAHDATAR, METRO–Untuk meningkatkan inovasi dan penjajakan kerjasama, TPID Tanah Datar yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Richi Aprian, Rabu (13/10) lakukan capacity building ke TPID Pemerintah Kota Palembang.

Wakil Bupati Richi Aprian dalam pertemuan itu menjelaskan bahwa kedatangannya bersama rom­bongan yang pertama untuk menambah dan me­ningkatkan kapasitas TPID Tanah Datar dan membuka komunikasi antar dua daerah.

“Kami sangat tertarik dengan keunggulan TPID Kota Palembang dengan pasar digitalnya dalam me­ngendalikan inflasi dimasa pandemi. Walau kami telah dinobatkan dan meraih TPID Award tahun 2021 dengan kategori terbaik kabupaten se-Sumatera,” kata Richi.

Selanjutnya, Wabup juga menyampaikan Tanah Datar merupakan Sentra pertanian dengan program unggulan “Bang Cerah” atau gerakan tanam bawang merah dan cabai merah ditambah dengan jengkol.

Selain pertanian, Wabup Richi juga menawarkan kerjasama dibidang pariwisata. “Kita juga memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa, dan kita berharap selain pertanian dibidang pariwisata kita juga bisa bekerjasama,” kata Wabup lagi.

Mewakili Wawako Staf Ahli Bidang Ekobang Kota Palembang Letizia menyambut baik kedatangan rombongan dan memaparkan kondisi Kota Palembang termasuk dengan program unggulannya.

Sementara khusus TPID Kota Palembang, Letizia memaparkan salah satu inovasi dimasa pandemi Covid-19 yakninya Pasar Digital yang dikelola oleh Perumda Pasar Kota Palembang. “Dimasa pandemi kebutuhan masyarakat harus tetap kita penuhi, sementara aktivitas dibatasi. Untuk itu kami melalui TPID melakukan inovasi yang kami bernama Pasar Digital,” ujar Letizia.

Terkait dengan penawaran kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar, Letizia mengatakan peluangnya sangat besar. “Tanah Datar merupakan penghasil komoditi pertanian dan kami memang sangat membutuhkan. Jadi pertemuan ini harus ada tindak lanjutnya, mungkin dengan sebuah perjanjian kerjasama sehingga saling menguntungkan untuk kedua daerah,” pungkasnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top