Menu

Jahe Merah, Peluang Bisnis yang Cukup Menjanjikan

  Dibaca : 140 kali
Jahe Merah, Peluang Bisnis yang Cukup Menjanjikan
JAHE MERAH—Membudidayakan komoditi tanaman jahe merah merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjadikan bagi masyarakat.

SAWAHLUNTO, METRO
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta melakukan, penanaman budidaya jahe merah di ladang Malin Pandeka warga Desa Kolok Mudiak, Selasa (25/8). Deri mengatakan bahwa jahe merah merupakan salah satu jenis tanaman temu yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh, terutama dalam bidang kesehatan. Tanaman ini memiliki harga yang lumayan mahal dan banyak dibutuhkan.

“Budidaya komoditi jahe merah ini merupakan salah satu peluang bisnis yang menggiurkan bagi petani. Sehingga tak menutup kemungkinan peluang bisnis jahe mereh ini cukup prospektif,” ujar Dei Asta di sela-selala menanam jahe tersebut, kemarin.

Dikatakan, lahan milik Malin Pandeka yang ditanami untuk budidaya jahe merah ini seluas 1.200 M2. Deri Asta sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Malin Pandeka ini. “Inovasi-inovasi seperti ini lah yang kita harapkan dari masyarakat petani di Sawahlunto. Jangan hanya terpaku pada komoditi yang sudah ada saja, cari komoditi-komoditi lainnya yang peluang pasarnya tidak jenuh, seperti jahe merah ini.” ujar Deri.

Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, akan memberikan bimbingan dan bantuan teknis nya secara maksimal, asal petaninya juga mau sungguh – sungguh untuk melakukannya. “Melalui Perindagkop nantinya kita carikan pangsa pasarnya. Termasuk juga pengolahan jahe merah ini menjadi produk jadi untuk konsumsi masyarakat,” pungkas Deri Asta.

Sementara itu Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Lelis Epriyenti menegaskan, dinas pertanian beserta tenaga penyuluhnya akan intens melakukan pendampingan di lapangan, membimbing petani, tidak hanya petani jahe merah tapi juga petani-petani yang komoditas lainnya.

“Kita sudah siapkan tenaga-tenaga penyuluh pertanian yang mumpuni di lapangan, mendampingi petani di lapangan sekaligus, sharing ilmu, berbagi ilmu dengan petani. Sama-sama belajar,” ujarnya. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional