Close

Jaga Stabilitas Harga dan Pasokan Pangan, Gubermur Luncurkan Bahan Pangan Satu Harga di Kepulauan Mentawai

LEPAS—Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi secara resmi melepas 10 ton bahan pangan diantaranya beras, gula, dan minyak goreng untuk dikirim ke Kepulauan Mentawai di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (20/10).

PADANG, METRO–Gubernur Sumatera Ba­rat, Buya Mahyeldi secara resmi melepas 10 ton bahan pangan diantaranya beras, gula, dan minyak goreng untuk dikirim ke Kepulauan Mentawai sebagai bagian dari program Fasilitasi dis­tribusi pangan daerah de­ngan tajuk Bahan Pangan Satu Harga di Kepulauan Mentawai, di halaman Kan­tor Gubernur Sumbar, Kamis (20/10).

Apresiasi yang tinggi disampaikan gubernur ke­pada Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang telah mem­fasilitasi pengiriman bahan pangan ke Kepulauan Men­tawai. “Atas nama Peme­rintah Provinsi Sumatera Barat, saya mengapresiasi Bapanas yang telah mem­berikan dukungan untuk Men­tawai. Semoga kola­borasi ini bisa terus berlanjut hingga 2023,” ujar gubernur.

Gubernur juga mengin­truksikan kepada dinas pa­ngan agar ikut juga me­ngirim­kan bahan pangan serupa ke Kepulauan Men­tawai melalui toko tani de­ngan membeli dari petani dan dibantu Bapanas untuk pengiriman ke Mentawai.

Direktur Perumusan Stan­dar Pangan Nasional, Ba­­panas, Yusra Ekayati me­ngatakan, fasilitasi distribusi pangan dilaksanakan dalam rangka menjaga pasokan pangan dan stabilisasi harga di daerah rawan pangan. “Fasilitasi distribusi pangan dari daerah surplus ke da­erah yang kurang meru­pakan bagian dari tugas Bapanas seperti meng­koor­dinasikan, merumuskan, dan menetapkan kebijakan ter­kait ketersediaan pangan, stabilisasi pasokan dan har­ga pangan. Ini bagian dari upaya kita menjaga pasokan pangan dan stabilisasi harga di Kepulauan Mentawai,” kata Yusra.

Penjabat Bupati Ke­pu­lauan Mentawai, Martinus Dahlan, juga menyampaikan apresiasi kepada gubernur dan jajaran Bapanas yang telah memfasilitasi hingga terwujudnya bahan pangan satu harga di Mentawai. “Di Mentawai memang tinggi cost untuk bahan pangan. Cabe, bawang, beras, tinggi. Semoga dengan kegiatan ini dapat membantu masya­rakat kita ketika menyambut natal dan tahun baru. Se­moga berkelanjutan dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Mentawai,” ha­rap Martinus.

Turut hadir dalam pe­luncuran tersebut, Kepala Dinas Pangan Sumbar, Efen­di, Kepala Dinas Perindus­trian dan Perdagangan Sum­bar Asben Hendri,  For­ko­pimda Kabupaten Mentawai, serta pimpinan Bulog.(fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top