Close

Jaga Ketahanan dan Keamanan Pangan, Dinas Pangan dan Tim Terpadu Kota Solok Ambil Sampel Sayuran

TIM PENGUJI—Tim gabungan Dinas Pangan dan timnya melakukan pengujian sayuran yang dijual pedagang di Pasar Raya Solok.

SOLOK, METRO–Dinas Pangan Kota Solok beserta Tim Terpadu Keamanan Pangan mengadakan pengambilan sampel Sayuran di Pasar Raya Solok. Langkah ini untuk menjaga ketahanan dan keamanan bahan pangan yang dikonsumsi masyarakat. Tim Terpadu Keamanan Pangan, terdiri dari Dinas Pangan, Satpol PP, Dinas Pasar, Dinas Pertanian, dan Dinas Kesehatan Kota Solok.

Kepala Bidang Konsumsi, Penganekaragaman, dan Keamanan Pangan, Fitriani mengatakan, hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang No.18 Tahun 2012 tentang Pangan, dimana Pemerintah berkewajiban menjamin penyelenggaraan keamanan pangan di setiap rantai pangan secara terpadu.

Salah satu caranya adalah dengan pemberian jaminan keamanaan dan mutu pangan, sehingga kemurnian dan keamanan suatu produk dapat dipertanggung jawabkan. “Dengan pengawasan ini dapat mengurangi pemakaian pestisida, agar masyarakat Kota Solok aman dari bahan kimia tersebut.  Dalam kegiatan ini, ada 2 macam komoditi sampel sayuran yang diambil yaitu Tomat dan BawangTombak  sampel ini diambil di 8 lapak pedagang yang berbeda,” katanya.

Kegiatan pengambilan sampel ini jelasnya,  dilakukan 1 (satu) kali selama 3 (tiga) bulan, sehingga dalam 1 (satu) tahun terdapat 4 (empat) kali pengambilan sampel. Untuk pengujian residu pestisida pada Sayuran, sampel tersebut diantarkan untuk Uji Laboratorium (Uji residu pestisida) ke Laboratorium Pestisida Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPTPH) Provinsi Sumatera Barat.

”Untuk hasilnya kita harus menunggu lebih kurang dua minggu. Jika hasilnya positif maka akan dilakukan pembinaan ke pedagang yang bersangkutan dan akan dipublikasikan ke masyarakat,” jelasnya.

Selain kegiatan ini, Dinas Pangan juga mengadakan Poji Paman (Pojok Uji Pangan Aman) berupa uji langsung pestisida menggunakan Test Kit terhadap sayur, buah dan ikan yang berlokasi di ruangan Tera Pasar Raya Solok, pada hari Kamis minggu I dan III setiap bulan. Pembeli bisa uji residu pestisida secara gratis. (megi/vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top