Close

Jaga Keamanan Nagari, Perantau Sitapung Pasang Puluhan CCTV

PASANG CCTV–Perantau Sitapung foto bersama usai memasang puluhan CCTV di kampung untuk menjaga stabilitas keamanan.

AGAM, METRO–Untuk menjaga sta­bili­tas serta keamanan ling­kungan di kampung hala­man, paguyuban perantau Jorong Sitapung, Nagari Balaigurah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabu­pa­ten Agam, memasang pu­luhan kamera CCTV untuk memantau keadaan kam­pung halaman mereka.

“Ada sekitar 43 kamera pengawas yang terpasang di seputar wilayah ter­sebut. Puluhan kemera itu berasal dari bantuan para perantau asli Sitapung yang bersatu dalam wa­dah Gabungan Masya­rakat Pe­rantau Sitapung (GMPS)

Sesepuh GMPS, Nasril ST. Batuah menyebut, se­ba­gai wujud kepedulian terhadap keamanan kam­pung halaman, kamera-kamera pemantau itu dipa­sang di titik-titik sentral mencakup semua dusun di Sitapung. “CCTC itu dipa­sang di tiang-tiang listrik, fasilitas umum dan rumah-rumah warga,” ujar Nasril, Jumat (28/5).

Semula katanya, ka­mera CCTV itu sengaja dipasang demi mengobati rasa rindu di perantauan. Belakangan manfaatnya justru menghadirkan ke­nyamanan dan keamanan bagi lingkungan di tanah kelahiran mereka.

“Se­menjak adanya ke­mera CCTV, kami yang lareh di tanah rantau telah bisa memantau keseharian kampung halaman cukup lewat android yang dileng­kapi link akses. Kami dapat bersua dengan karib ke­rabat lewat layar atau bah­kan hanya untuk melihat rumah mandeh kami. Al­ham­dulillah, ternyata juga bermanfaat terhadap cipta kondisi kamtibmas di kam­pung,” kata Nasril yang saat ini menjabat Ketua Pembina GMPS itu.

Dijelaskan lebih lanjut, keberadaan CCTV itu men­dapat respon yang baik dari banyak pihak. Bahkan aku Nasril, pihak kepolisian Sektor IV Angkat Can­duang menilai Sitapung merupakan wilayah per­tama di Sumbar yang me­miliki banyak kamera pe­ngawas untuk tingkat jo­rong.

“Kami turut senang ka­rena berbagai pihak me­muji, mulai dari peme­rin­tah nagari, jorong, tokoh masyarakat hingga pihak kepolisian. Beberapa kali bahkan rekaman CCTV di sini sudah dipakai untuk keperluan sebuah tugas penyelidikan bagi aparat berwajib,” beber Nasril, yang turut diamini Ketua Bamus Nagari Balaigurah, Umaidi ST Marajo, Wali Jorong Sitapung, Mufidatul Hasanah dan tokoh masya­rakat setempat, Edianto Rang Kayo Sutan.

Ditambahkan, puluhan kamera CCTV itu sudah berfungsi mengawasi mo­bi­litas keseharian warga di Sitapung sejak akhir Maret 2021. Fasilitas ter­sebut merupakan hasil program hibah Yayasan Pelita Ma­’arif di Jakarta yang di­peroleh anak-anak muda GMPS lalu disa­lurkan ke kampung ha­laman.

Selama enam bulan pasca dioperasionalkan, perawatan dan pem­bia­yaan jaringan CCTV itu masih akan ditanggung yayasan tersebut dan sete­lahnya dikelola mandiri oleh pihak jorong dibantu GMPS.

Kedepan Nasril ber­harap, pemuda GMPS mau­­pun di kampung tetap memelihara semangat per­­satuan membangun tanah kelahiran. Saat ini, pemuda GMPS sedang me­rintis pembentukan sebuah yayasan dan ke depan me­wacanakan program me­majukan sektor pendidikan di Sitapung seperti mem­bangun pesantren. “Se­moga rencana baik ini ber­jalan lancar,” harap Nasril didampingi perwakilan pe­muda GMPS, Jefri dan A­nata Fitrido.(pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top