Close

Jadikan sebagai Contoh, Peresmian TK Negeri, Jangan Anggap Saingan PAUD

RESMIKAN TK— Wali Kota Pariaman H Genius Umar saat meresmikan TK Negeri.

PARIAMAN, METRO–Wali Kkota Pariaman H Genius Umar menyatakan setiap Kecamatan di Kota Pariaman telah mempu­nyai Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri. “Berdrinya TK ini telah sesuai dengan peraturan pemerintahan yang ada, dan apa yang telah kita cita-citakan bersama,” kata Wali Kota Pa­riaman, Genius Umar, kemarin, ketika meresmikan pemakaian gedung TK Ne­geri 01 Kecamatan Pa­riaman Timur di area Kantor Camat Pariaman Ti­mur.

Peresmian TK negeri ini, juga dihadiri Bunda PAUD Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Sekda Kota Pariaman, Yota Balad dan istri Ny. Yosneli Balad, Kepala Dinas Dikpora, Kan­deri, beserta jajaran, Kepala BPKPD, Buyung Lapau, Plt Kepala Dinas Kominfo, Ferialdi, Camat Pariaman Timur, M. Arif Gunawan beserta istri, dan masyarakat serta pegawai yang berada di Kecamatan Pariaman Timur.

“Pembentukan TK Ne­geri ini merujuk kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal yang menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Kesetaraan, merupakan urusan pemerintahan wajib yang harus diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Genius juga menuturkan bahwa berdasarkan PP tersebut, dirinya membuat instruksi Walikota Pariaman, Nomor : 420/1429/Dikpora-2021, tentang Percepatan Pelaksanaan Program Perluasan Akses dan Peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Kota Pariaman.

“TK Negeri 01 ini, mempunyai lokasi yang cukup strategis, karena berdekatan dengan UPTD BPP (Ba­lai Penyuluh Pertanian) Kecamatan Pariaman Timur, jadi diharapkan TK ini mem­punyai nilai lebih dalam pembelajaranya, terkait dengan tumbuhan, ling­kungan serta alam,” tukasnya

Lebih lanjut ia menambahkan para murid TK ini bisa langsung praktek di lapangan, tidak apa berkotor-kotor, dimana nanti petugas di BPP Kecamatan Pariaman Timur ini, dapat menjadi guru pengajar disini, sehingga akan memajukan motorik dan pengetahuan dari anak-anak TK ini nantinya.

“Dengan adanya TK Negeri atau TK Pembina ini, jangan dianggap sebagai saingan bagi PAUD atau TK lainya yang ada di Kecamatan Pariaman Ti­mur ini, tetapi jadikan TK Negeri ini sebagai acuan dan contoh, bagi TK dan PAUD lainya,” tandasnya. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top