Menu

Jadikan Daerahnya sebagai “Healthy City” atau Kota Sehat, Swasti Saba Wiwerda Lagi Diraih Pemkab Solok

  Dibaca : 526 kali
Jadikan Daerahnya sebagai “Healthy City” atau Kota Sehat, Swasti Saba Wiwerda Lagi Diraih Pemkab Solok
Bupati Solok Gusmal didampingi Ketua TP PKK Desnadefi Gusmal berfoto bersama dengan Ketua Forum Kabupaten Solok Sehat (FKSS), usai menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda kembali diraih Pemerintah Kabupaten Solok. Penghargaan yang diterima langsung oleh Bupati Solok Gusmal itu bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional Ke-55 pada tahun 2019.

Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Solok yang berkeinginan menjadikan daerahnya sebagai “Healthy City” atau Kota Sehat yang didorong Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No. 34 Tahun 2005 dan No. 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, sudah berjalan lama.

Bagi Bupati Solok, Gusmal, mewujudkan sebuah jaminan bagi seluruh masyarakatnya agar dapat melaksanakan tugas dan aktivitas masing-masing dengan perasaan aman, nyaman, sehat sehingga berjalan dengan baik dan produktif, manjadi sebuah harapan. Namun diakuinya perlu menyamakan pendapat, pandangan dan menyatukan gerak dan langkah antara pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewujudkan harapan tersebut.

Suatu keinginan yang kuat menuju kota sehat terus dikampanyekan kepada seluruh kalangan. Salah satunya perlu dibentuk semacam “forum” yang mampu menjembatani, menjalin kerja sama antar masyarakat, pemerintah dan swasta serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan.

Forum Kabupaten Solok Sehat (FKSS) diharapkan dapat mendorong Kabupaten Solok mencapai keinginan tersebut tentu dengan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Solok.

Pada tahun 2017 tingkat perkembangan Kabupaten Solok Sehat telah di evaluasi dan hasil evaluasi ini menjadikan daerah Kabupaten Solok meraih predikat sebagai Kota Sehat melalui penghargaan swasti saba Wiwerda. Dan di tahun sebelumnya yakni tahun 2015 juga meraih penghargaan Swasti Saba Padapa.

Dengan kata lain daerah Kabupaten Solok berhasil meningkatkan prestasi yang diraih. Pada tahun 2019 ini, daerah Kabupaten Solok kembali mempertahankan penghargaan swastisaba Wiwerda.

Atas penghargaan yang terimanya langsung dari Mentri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, Gusmal mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder serta peran aktif Forum Kabupaten Solok Sehat sehingga mampu mempertahankan predikat yang diraih.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi pada kegiatan meujudkan daerah Kabupaten Solok Aehat,” ujarnya.

Harapan ini tidak terlepas berkat jalinan kerja sama yang antar lembaga, organisasi kemasyarakatan, serta kelompok-kelompok produktif lainnya. Serta kualitas sumber daya manusia (SDM) juga rata-rata terasa terus tumbuh, berkembang sesuai dengan tuntutan global.

Keberhasilan Kabupaten Solok meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2019, menunjukkan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Untuk itu, Gusmal berharap penghargaan yang diraih bisa mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan sinergi pembangunan bidang kesehatan, sehingga tercipta peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya yang potensial membentuk kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk membangun paradigma hidup bersih, sehat dan berkualitas guna meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi lebih baik. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional