Close

Jadi Salah Satu Kandidiat Tuan Rumah Piala Asia 2023, PSSI Gerak Cepat

KETUA UMUM PSSI MOCHAMAD IRIAWAN

JAKARTA, METRO–Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengumumkan Indonesia sebagai salah satu dari empat calon tuan rumah Piala Asia 2023. Adapun tiga negara lain yang menjadi calon tuan rumah Piala Asia 2023 adalah Australia, Korea Selatan, dan Qatar.

Hal ini diumumkan oleh AFC hari ini setelah batas waktu pengajuan tuan rumah ditutup pada Jumat (15/7).

AFC mengatakan bahwa keempat negara tersebut menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Nantinya, negara terpilih akan menggantikan China yang mundur sebagai tuan rumah karena pandemi Covid-19.

China mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 pada Mei lalu. Sementara itu, keputusan terkait negara mana yang bakal menjadi tuan rumah akan diumumkan pada 17 Oktober mendatang.

“Evaluasi keseluruhan penawaran akan dilakukan oleh administrasi AFC sebelum pemilihan dan pe­ngumuman tuan rumah untuk kompetisi 24 tim oleh Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022,” jelas AFC.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan me­ngaku sudah menerima surat resmi dari AFC. Pihak­nya akan segera meleng­kapi dokumen persyaratan sebagai tuan rumah untuk maju ke tahap bidding.

“Kami sudah menerima suratnya, kami akan leng­kapi administrasi yang diminta. Nanti akan kami kembalikan,” kata Iriawan di gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7).

“Nanti setelah itu akan di-bidding lagi oleh AFC,” sambung lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu.

AFC menunggu ma­sing-masing federasi sepak bola dari keempat negara untuk menyerahkan dokumen bidding hingga batas waktu 31 Agustus 2022.

Setelah itu, AFC lewat badan administrasinya a­kan melakukan pengkajian dan memilih negara mana yang berhak menjadi tuan rumah turnamen yang diikuti 24 tim tersebut.

Piala Asia 2023 dija­d­walkan berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan alias hanya terpaut lima hari dari Piala Dunia U-20 2023 (20 Mei-11 Juni) di mana Indonesia merupakan tuan rumahnya. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top