Menu

Jadi Lokasi Finish TdS Stage 1, Potensi Wisata Sijunjung Lebih Lama Ditampilkan

  Dibaca : 73 kali
Jadi Lokasi Finish TdS Stage 1, Potensi Wisata Sijunjung Lebih Lama Ditampilkan
MANFAATKAN MOMEN— Suasana pelepasan pebalap saat Sijunjung menjadi lokasi start stage 3 dengan finish di Dharmasraya pada TdS 2017. Tahun ini, Sijunjung jadi lokasi finish stage 1 dari Bukittinggi dan Pemkab akan memanfaatkan momen ini..

SIJUNJUNG, METRO – Perhelatan balap sepeda Tour De Singkarak 2018 akan segera dimulai. Iven internasional yang menjadi agenda tahunan ini akan digelar pada November mendatang. Kabupaten Sijunjung ditetapkan menjadi lokasi finish stage 1 yang dijadwalkan pada 4 November mendatang.

Tahun ini ada perbedaan bagi Kabupaten Sijunjung dalam pelaksanaan TdS. Selama beberapa tahun terakhir, Sijunjung dipercaya sebagai lokasi start dan melepas para pebalab. Namun tahun ini, Ranah Lansek Manih dipercayakan sebagai tempat finish untuk stage 1 dengan lokasi start di Bukittinggi.

“Grand start TdS 2018 di Kota Bukitinggi dan finish di Kabupaten Sijunjung. Jadi dengan ditetapkan kita sebagai lokasi finish, ini akan menguntungkan nantinya. Diantaranya, dari segi waktu kita mendapat kesempatan lebih lama untuk menampilkan budaya khas Si-junjung dan potensi pariwisata yang ada,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung, Yofritas saat dihubungi Minggu (14/10).

Yofritas menambahkan, stage 1 dari Bukittinggi ke Sijunjung menempuh jarak 122,7 kilometer. Dengan melewati rute Tanahdatar, para pebalap akan melintasi jalan provinsi, yakni Batusangkar–Simpang Sitangkai–Simpang Kumanis–Tanjung Ampalu. Kemudian menuju Simpang Adinegoro, belok kanan menuju Muaro Bodi.

Selanjutnya, melintasi ruas jalan nasional di Palangki – Kandang Baru – Pematang Panjang – Tanah Bandantuang – Perkampungan Adat – Tanah Bato – Simpang Aia Angek – Muaro dan finish di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung. “Sementara stage 2 pada 5 November dengan mengambil start di Kota Sawahlunto dan finish di Kabupaten Dharmasraya. Jadi Kabupaten Sijunjung dua kali dilewati pada rute TdS kali ini,” tambahnya.

Selain itu terang Yofritas, Dinas Parpora akan memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan ekspose terkait potensi wisata yang ada. Apalagi yang saat ini tengah gencar dipromosikan yaitu Geopark Silokek.

“Kita akan manfaatkan momen tersebut, diantaranya dengan spanduk, baliho atau selebaran-selebaran untuk tamu yang datang. Namun sebelumnya, segala hal untuk kelancaran kegiatan tersebut akan dipersiapkan terlebih dahulu,” ungkapnya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional