Close

Jadi Basis Pendidikan Sumbar, UNP Sawahlunto bakal Kucurkan Dana Rp30 Miliar

BANTUAN— Wakil Wali Kota Zohirin Sayuti menyampaikan perihal bantuan Rp30 miliar yang dikucurkan UNP.

SAWAHLUNTO, METRO–Sebanyak Rp30 Miliar a­kan dikucurkan untuk  tunjang Sawahlunto agar jadi Basis Pendidikan di Sumbar. Untuk tindaklanjut dari penerimaan mahasiswa baru PSDKU UNP Sawahlunto yang berlangsung di Aula Dinas Pendi­dikan Kota Sawahlunto pada Rabu (20/7), dihadiri oleh lima (5) kepala yang tergabung dalam Mu­sya­warah Kerja Kepala Se­kolah (MKKS) SMA/SMK di Sumatera Barat.

Wakil Wali Kota Sa­wah­lunto Zohirin Sayuti  dalam ke­sempatan ini menyampaikan bahwa dana Rp30 Miliar akan dikucurkan oleh UNP untuk kelanjutan pemba­ngunan PSDKU UNP di Kota Sawahlunto pada tahun 2023 mendatang.

“Tiga puluh (30) miliar da­na yang akan dikucurkan oleh pihak UNP tahun depan bukan jumlah yang sedikit. Hal ini kami nilai merupakan wujut komitmen dan keseriusan dari UNP agar Kota Sawahlunto menjadi basis pendidikan baru di Sumatera Ba­rat,” ungkap Zohirin Sayuti.

Sementara itu, terkait dengan diundangnya 5 MKKS SMA/SMK di Sumbar, Wawako Sawahlunto menyampaikan bahwa peran MKKS sa­ngat pen­ting untuk memberikan informasi kepada anak di­diknya, terkait dengan PSDKU UNP di kota tambang berbudaya Sawahlunto.

Wawako Sawahlunto Zohirin menambahkan bahwa, sampai saat ini jumlah pen­daftar pada empat (4) prodi yang dibuka, untuk jurusan tambang berjumlah 109 pen­daftar, otomotif 24 pen­daftar, PGSD 34 pendaftar dan PGPAUD 55 orang pen­daftar. Sampai saat ini, pendaftaran masih dibuka, sehingga diharapkan kerjasama dari Ke­tua MKKS yang hadir dalam menginformasikan PSDKU UNP Sawahlunto di wilayah kerjanya masing-masing.

Sementara itu, Tri Wi­yono Kasi SMK Cabdin Wilayah 5 Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat memaparkan bahwa, dunia pendidikan saat ini berbeda dibandingkan pa­da tahun 80an.

“Generasi muda saat ini memiliki akses yang luas di dunia pendidikan dan sangat berbeda pada saat kita kuliah dulu. Hal ini terihat dari adanya PSDKU UNP di Kota Sa­wah­lunto saat ini. Kalau dulu Kuliah harus ke Padang, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, saat ini di mudahkan adanya PSDKU UNP ini yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh generasi muda,” ujar Tri Wiyono.

Lebih lanjut dikatakan, “kita sangat apresiasi terkait dengan gencarnya Pemerintah Kota Sawahlunto dalam memberikan sosialisasi atas keberadaan PSDKU UNP Sa­wahlunto kepada masyarakat. Seperti yang terlihat pada hari ini, dengan mengundang ke­tua MKKS 5 wilayah yang bertetangga dengan Sawah­lunto,” pungkas­nya. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top