Menu

Italia vs Inggris, Siapa Berpesta di Wembley?

  Dibaca : 184 kali
Italia vs Inggris, Siapa Berpesta di Wembley?
Wembley Stadium di London, Inggris, akan menjadi panggung perhelatan babak final, Senin (12/7) dinihari WIB.

Turnamen akbar Euro 2020 akhirnya mencapai puncaknya. Wembley Stadium di London, Inggris, akan menjadi panggung perhelatan babak final, Senin (12/7) dinihari WIB. Tim­nas Ita­lia dan Tim­nas Inggris akan berduel dalam laga perebutan gelar juara.

Italia sudah pernah sekali menjuarai Euro, yak­ni pada edisi 1968, serta dua kali menjadi runner-up pada edisi 2000 dan 2012. Sementara itu, ini adalah final pertama Ing­gris sepanjang sejarah partisipasi mereka di Piala Eropa. Italia membidik gelar kedua, sedangkan Inggris bakal berharap tuah Wembley bisa me­ngantarkan mereka meraih gelar perdana.

Italia dan Inggris sebe­lum ini baru pernah dua kali bertemu di putaran final Euro, dan Gli Az­zur­ri memenangi keduanya.

Di fase grup Euro 1980, Italia mengalahkan Inggris 1-0 lewat gol tunggal Mar­co Tardelli. Di perempat final Euro 2012, diwarnai pe­nam­pilan masterclass dan ‘pa­nenka’ Andrea Pir­lo, Italia menak­luk­kan Three Lions lewat adu penalti.

Italia mencapai final Euro 2020 usai menjuarai Grup A, serta mengeli­minasi Austria, Belgia, dan Spanyol hingga semifinal. Kiper Gianluigi Donna­rum­ma dan sang play­ma­ker Jo­rginho menjadi pah­lawan dalam kemenangan adu penalti atas La Furia Roja.

Di lain pihak, Inggris menjuarai Grup D, kemu­dian menyingkirkan Jer­man dan Ukraina. Tim be­sutan Gareth Southgate itu baru kebobolan satu gol di putaran utama Euro 2020, yakni ketika menang 2-1 atas Denmark di semifinal.

Dalam laga kontra Denmark itu, mereka mem­butuhkan satu gol bunuh diri pemain lawan, pelang­garan terhadap Raheem Sterling, dan gol Harry Kane menyusul kegagalan penaltinya di extra ti­me untuk memastikan diri lolos ke final.

Italia belum terkalah­kan di Euro 2020 sejak ba­bak kualifikasi. Pasukan Roberto Mancini juga tak terkalahkan dalam 33 laga terakhir. Sementara itu, Inggris begitu optimistis bahwa jargon Football’s Coming Home benar-be­nar bakal bisa diwujudkan tahun ini.

Gli Azzurri, julu­kan tim­nas Italia, diprediksi keluar sebagai juara Euro 2020. Timnas Italia di bawah arahan pelatih Roberto Mancini sedang dalam tren positif selama tiga tahun terakhir. Termasuk laga-laga di Euro 2020, Italia tak terkalahkan dalam 33 per­tandingan sejak terakhir kali takluk dari Portugal pada September 2018. Su­perioritas Italia semakin terbukti saat menilik rekor pertemuan de­ngan Inggris.

Melan­sir ­Transfermarkt, Italia dan Ing­gris sudah per­nah bertemu 27 kali dengan 9 di antaranya terjadi di laga kompetitif (Piala Dunia dan Euro). Dari sembilan per­tandingan itu, Italia menang tujuh kali, kalah satu kali, dan sekali imbang.

Satu-satunya kekala­han Italia dari Inggris terja­di 44 tahun lalu, tepatnya pada November 1977 ketika kedua kesebelasan berte­mu di partai Kualifikasi Piala Dunia. Adapun pada pertemuan terakhir di Grup D Piala Dunia 2014, Italia menang 2-1 berkat gol-gol Claudio Marchisio dan tandukan Mario Ba­lotelli.

Sementara Inggris ha­nya berhasil mencetak sa­tu gol lewat aksi Ra­heem Sterling. Berangkat dari catatan historis itu, tak heran jika Italia di­jagokan bakal menang atas Inggris.

Menurut prediksi yang berdasar pemodelan sta­tistik oleh Stats Perform, Italia bahkan memiliki pe­luang sebesar 60,1 persen untuk mengalahkan Inggris dan menjadi juara Euro 2020. Di lain sisi, Inggris yang akan mentas di ru­mah sendiri, Stadion Wembley, disebut hanya punya kans juara sebesar 39,9 persen.

Pemodelan yang dila­ku­kan Stats Per­form me­ngacu kepada sejumlah aspek, antara lain nilai koefisien pengali di rumah-rumah taruhan hingga ran­king tim. Penyusunan ranking tim versi Stats Per­form didasarkan kepada data historis dan performa terkini tim bersangkutan.

Adapun UEFA men­catat sepanjang gelaran Euro 2020, Italia menjadi negara kedua di bawah Spanyol dengan serangan paling produktif. Italia membuat 108 percobaan dengan 30 di antaranya tepat mengarah ke sasaran dan menghasilkan 12 gol. (*/rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional