Close

Italia VS Inggris, Misi Sulit Three Lions

Timnas Italia vs Inggris bakal seru dan menjadi misi sulit The Three Lions untuk mentas dari posisi juru kunci Grup A3. Mengacu jadwal UEFA Nations League (UNL) 2022/2023, pertandingan ini digelar Sabtu (24/9) pukul 01.45 WIB di Stadion San Siro.

Inggris belum bernasib baik di UNL 2022/2023. The Three Lions hanya mampu menjaring 2 poin setelah melakoni 4 pertandingan. Meskipun fase grup masih menyisakan 2 laga lagi, sukar bagi Inggris untuk dapat mengejar hasil maksimal.

Lawan yang bakal diladeni Harry Kane dan kolega juga cukup berat yakni Italia dan Jerman. Skuad asuhan Gareth Southgate masih berkepentingan memangkas jarak 5 angka dengan pemegang posisi tertinggi, yakni Hungaria.

Kendati begitu, Inggris tetap dituntut untuk bangkit. Lawatan The Three Lions ke markas Gli Azzurri akan menentukan laju me­reka di UNL 2022/2023, terlebih laga ini dihelat bebe­rapa pekan sebelum digelarnya putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Peluang Inggris lolos ke babak final four UNL 2022/2023 cukup tipis. Dua pertan­dingan sisa hanya memungkinkan The Three Lions bisa meraup 8 poin. Di sisi lain, para pe­saingnya telah menghimpun jum­lah yang lebih besar dan kemungkinan dapat bertambah, seperti Italia (5 poin), Jerman (6 poin), dan Hunga­ria (7 poin).

Hasil buruk The Three Lions sejauh ini ter­kait e­rat de­ngan performa di atas lapangan, salah satunya aspek fini­shing. Harry Kane dan rekan-rekan hanya dapat mencetak 1 gol sepanjang gelaran UNL 2022/2023. Ini berakibat pada kegagalan Inggris mem­buru 3 poin perdana.

Rapor merah Inggris di UNL 2022/2023 sudah tercatat sejak partai perda­na, 4 Juni 2022. Melawan Hungaria, The Three Lions me­ngalami ke­buntuan. Se­banyak 4 tembakan yang berhasil mengarah ke ga­wang gagal berbuah gol.

Sebaliknya, Inggris justru ka­lah lewat pe­nalti Dominik Szo­boszlai.

Penampilan Inggris mulai membaik pada 2 matchday berikutnya. Pasukan Gareth Southgate mampu mendulang poin saat menahan imbang Jerman dan Italia.

Sayangnya, penyakit The Three Lions kembali kambuh. Ini terjadi saat Inggris bersua Hungaria lagi di pertemuan kedua UNL, 15 Juni 2022. Bermain di hadapan pendukung sendiri, gawang Aaron Ram­sdale malah kebobolan 4 gol.

Kekalahan tersebut dilengkapi oleh lini serang The Three Lions yang tumpul. Dari total 10 tembakan, hanya 2 yang mampu menemui sasaran. Jumlah tersebut terbilang sia-sia mengingat shot on target Hungaria bisa menyentuh angka 5 dari 6 kali upaya.

Jika ingin bangkit, Inggris mesti memulainya de­ngan mengalahkan Italia, meski tidak akan mudah. Kegagalan Gli Azzuri lolos ke Piala Dunia bi­sa me­macu me­reka untuk ber­main optimal di UNL 2022/2023.

Ajang tersebut yang dapat memberi ke­sempatan tim besutan Ro­berto Mancini mengangkat tro­fi di level kompetitif. A­kan tetapi, Ita­lia sesung­guh­nya bukan tan­pa teka­nan. Gli Azzuri saat ini mendekam di peringkat ke-3 klasemen Grup A3 dan terpaut 2 poin dengan posisi tertinggi. Selisih tersebut perlu dikejar apabila Nico Barella dan kolega ingin lolos ke babak final four.

Tiga pemain Italia dikabarkan absen karena cedera, yaitu Marco Veratti, Lorenzo Pellegrini, dan Matteo Politano. Namun, Mancini masih memiliki nama-nama terbaiknya, terutama untuk menyokong formasi 3-5-2 milik Gli Azzuri.

Di kubu sebe­rang, Inggris kemungkinan kehilangan Kalvin Phillips dan Kyle Walker. Di samping itu, penjaga ga­wang Jordan Pickford dan gelandang Jordan Henderson juga diragukan tampil.

Dari 5 duel terkhir, Inggris terlihat masih kesulitan untuk mengalahkan Italia karena hanya mendapatkan 3 hasil imbang. Sebalikanya, Gli Azzuri justru sudah 2 kali mengalahkan The Three Lions. Salah satunya terjadi dalam final Euro 2021 via babak adu penalti, 3-2. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top