Menu

Isi Bensin Sambil Merokok, Rumah Mekanik Terbakar

  Dibaca : 361 kali
Isi Bensin Sambil Merokok, Rumah Mekanik Terbakar
PADAMKAN API— Petugas Damkar menyiramkan air untuk memadamkan api yang membakar satu unit rumah di Kelurahan Padang Tinggi Piliang.

PAYAKUMBUH, METRO – Diduga akibat memindahkan bensin ke jeriken eceran sambil meroko, sebuah rumah di Kelurahan Padang Tinggi Piliang RT 02 RW 02, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh ludes terbakar, Senin (2/11) sekitar pukul 10.13 WIB. Asap pekat yang membubung dibarengi kobaran api sempat membuat warga setempat panik.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas pagi itu, pemilik rumah Syamsul Abidin (67) yang sehari-hari bekerja sebagai mekanik bengkel, ludes dilalap si jago merah hingga tidak ada barang-barang yang bisa diselamatkan. Ditaksir, korban mengalami kerugian mencapai Rp 200 juta.

Kasi Operasi dan Pencegahan Kebakaran Kota Payakumbuh, Ahdion yang turun langsung kelapangan menyebutkan lima unit armada pemadam kebakaran Kota Payakumbuh bersama seluruh personel dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api, dibantu satu unit mobil dari Kabupaten Limapuluh Kota.

“Karena api sangat besar, maka seluruh personel kita kerahkan ke lokasi. Berkat kerjasama api berhasil kita padamkan sehingga tidak mengenai bangunan lai yang berada dekat dengan titik kebakaran,” kata Ahdion.

Ahdion menambahkan, dari keterangan saksi Emi Des (42) yang bekerja sebagai tukang masak di rumah tersebut mengakui sebelum kebekaran pemilik rumah Syamsul Abidin sedang mengisi bensin ke jeriken literan dalam keadaan sedang merokok. Tiba-tiba saja api rokok menyambar bensin yang dituang dan langsung membesar.

“Pemilik rumah sempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya menyiramkan air. Tetapi, karena bensin jumlahnya cukup banyak membuat api menyambar berbagai barang-barang yang ada di dalam rumah sehingga tidak bisa lagi dipadamkan oleh pe milik,” ungkap Ahdion.

Selain itu, Ahdion menjelaskan, pemilik rumah Syamsul Abidin, berhasil selamat dari kobaran api, walau pemicu kebakaran akibat rokok yang dihisapnya saat mengisi bensin literan jerigen.”Pemilik rumah selamat, hanya sedikit terkena bagian kaki, tapi tidak apa-apa,” sebutnya.

Terpisah, Lurah Padang Tinggi Piliang, Firdaus Sawir menyebut rumah permanen milik Syamsul Abidin tidak bisa lagi ditempati. Sehingga dua KK yang menempati rumah harus mengungsi ke rumah tetangga sementara waktu. Akibat kebakaran tidak ada yang bisa diselamatkan, termasuk surat-rurat berharga, ikut hangus dilalap sijago merah.

“Tidak ada yang bisa diselamatkan, termasuk surat-rurat berharga. Sehari-hari Syamsul Abidin disamping berjualan nasi, juga membuka warung kecil-kecil yang menjual bensin eceran. Sehingga diduga saat mengisi bensin kedalam jeriken, Syamsul sedang merokok,” sebutnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional