Close

Irwan Basir Pimpin Dekopinda Padang secara Aklamasi

Irwan Basir dt Rj Alam kibarkan bendera petaka Dekopinda setelah terpilih jadi Ketua Dekopinda Kota Padang langsung dikukuhkan Ketua Dekopinda Sumbar Hendra Irwan Rahim.

Tokoh masyarakat Kota Padang, Irwan Basir Dt Rj Alam SH MM terpilih secara aklamasi menahkodai Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang periode 2022 – 2027 dalam Musda Dekopinda Padang di Aula Gedung Dekopin Sumbar, Jumat (17/6).  Sosok yang sehari hari memimpin DPD LPM Kota Padang ini terpilih aklamasi secara musyawah mupakat yang dipimpin Ketua Dekopinda Sumbar H Hendra Irwan Rahim. Bahkan, dalam kesempatan itu langsung dikukuhkan sebagai Ketua Dekopinda Padang terpilih dengan penyerahan bendera petaka, dari Ketua Dekopinda Sumbar.

Ketua Dekopinda Kota Padang terpilih Irwan Basir Dt Rj Alam SH berterimakasih kepada seluruh pengurus dan penggiat koperasi se Kota Padang, terkhusus Ketua Dekopinda Sumbar Hendra Irwan Rahim atas kepercayaannya memberikan dukungan dan amanah ini.

Dan memimpin Dekopinda ini merupakan tanggungjawab sosial yang harus dibangun dengan kebersamaan. Tentu sebagai mitra Pemko Padang maka akan dikoordinasikan secara baik dengan Walikota Padang.  “Yang penting antara pengurus jangan ada dusta, kalau kita ingin Dekopinda ma­ju,” ujar Irwan, yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX ini.

Irwan mengharapkan, bangunan sinergi yang harmonis dengan pemerintah dalam hal ini Pemko Padang. Selain itu menjalin kerjasama yang apik dan membangun dengan ratusan koperasi yang ada di Kota Padang. Sehingga, koperasi di Kota Padang sesuai dengan amanah Bung Hatta dalam mensejahterakan ma­sya­rakat dengan soko gurunya koperasi.

Dikatakan, bentuk pe­rekonomian yang paling cocok bagi bangsa Indonesia ialah membangun usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan sikap gotong royong. Selain itu, koperasi menganut prinsip tolong menolong dan gotong royong, mendidik jiwa-jiwa toleransi rasa peduli dan tanggung jawab bersama juga koperasi memperkuat sen­di-sendi kebangsaan berkemakmuran sebagai cita-cita leluhur pendahulu bangsa.

“Insya Allah kita siap membangun koordinasi dengan Pemko Padang. Dekopin merupakan mitra kerja dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang bukan bawahannya,” tegas Irwan.

Datuk IB melanjutkan, Yang terpenting kita segera menyusun struktur kepengurusan yang baru. Apalagi, tahun 2023 akan diadakan iven akbar secara nasional yakni Hari Koperasi Nasional dan Kota Padang sebagai tuan rumah.

“Tentunya, Kota Pa­dang sebagai Ibu Kota Propinsi dan barometernya daerah lain. Maka dari itu, kita meski mempersiapkan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin  agar iven Harkopnas berjalan sukses,” pinta Ketua Dekopin terpilih.

Ketua Dekopinda Kota Padang Wahyu Iramana Putra mengakui sejak 23 April 2022 ia tak aktif lagi menjadi Ketua Dekopin karena dia mengalami stroke ringan.  Selain itu sejak 21 Juni 2021 dia juga sudah menyampaikan da­lam rapat pleno Dekopinda Padang, untuk memilih ketua yang baru. Diakui sejak mengomandoi Dekopin Padang belum banyak berbuat untuk daerah Ini. “Karena semua itu tak telepas dari kekurangan dari kepengurusan Dekopin. Sebab sebagai manusia tak telepas dari keku­rangan,” ujar Wahyu.

Ketua Dekopinda Sum­bar H Hendra Irwan Rahim mengatakan, peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) akan dipusatkan di Kota Pa­dang, yang akan diramaikan dengan seminar serta rangkaian kegiatan sosial lainnya.

“Di Kota Padang Dekopinda dikatakan kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Tidak saja di daerah Kota Padang koperasi kurang mendapatkan perhatian pemerintah, akan tetapi secara nasional koperasi memang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah, ” ujar Hendra. .

Dalam Musda ini mengapung beberapa nama yang akan memimpin Dekopinda Kota Padang selama lima tahun ke depan yakni periode 2022 – 20 27. Antara lain, calon kuat ketua Dekopinda Padang Irwan Basir Dt Rj Alam. Hendra menilai Irwan Basir sudah pas dan layak memimpin Dekopinda Pa­dang. Selain beliau memiliki jiwa sosial yang tinggi, juga sangat mampu mengayomi dibebearapa organisai. “Apalagi, orang tua Irwan Basir merupakan tokoh dan pendiri koperasi di Kota Padang dahulunya. Jadi, memang pas ibarat pinang pulang ka tampuaknyo,” ucap Hendra. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top